Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 12 Jun 2024 02:10 WIB ·

Ratusan Hektar Sawah di Tanah Bumbu Gagal Panen


 Ratusan Hektar Sawah di Tanah Bumbu Gagal Panen Perbesar

BATULICIN,Mediabersujud.com –  Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Tanah Bumbu menyebutkan ratusan hektar lahan pertanian di sejumlah Kabupaten Tanah Bumbu mengalami gagal panen akibat banjir yang melanda areal persawahan.

Kepala DKPP Tanah Bumbu H. Hairuddin di Batulicin, Rabu (12/6/2024) menyampaikan lahan pertanian yang tergenang itu diantaranya di Kecamatan Satui.

Ia menyebut setidaknya 298 ha lahan tanaman padi yang terdampak banjir di Satui dengan umur tanaman padi 110 hari setelah tanam (HST).

“Seperti Desa Sungai Danau/Barakat Mufakat, Satui Timur, Tegal Sari, Sinar Bulan/Beruntung Jaya, Makmur Mulia/Makmur Jaya, Sekapuk dam Satui Barat.” Bebernya.

“Sebagian padi sudah waktunya panen, namun hujan datang lalu kemudian banjir,” kata Hairuddin.

Adapun upaya penanganan yang telah pihaknya lakukan dengan mendata lahan pertanian terdampak banjir dibeberapa kecamatan, ditindaklanjuti melaporkan ke pemerintah daerah agar mendapat bantuan.

“Kami sudah mendata, nanti akan diusulkan bantuan benih padi (bibit). Selain ke pemerintah daerah juga ke Kementrian,” ujarnya.

Mengenai penyebab banjir, ia menjelaskan intensitas hujan yang tinggi menjadi salah satu penyebab banjir yang berdampak pada lahan pertanian di kecamatan Satui, Kusan Tengah dan Kusan Hulu kabupaten Tanah Bumbu.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bangun Gedung MPP dan Kantor Bappeda-Libang, Pemkab Tanbu Target Selesai Tahun Ini

25 Juni 2024 - 05:15 WIB

Komitmen Pemkab Tanah Bumbu Capai Target Turunkan Angka Stunting

20 Juni 2024 - 04:59 WIB

Usai Slat Ied, Lapas Batulicin Potong Tujuh Ekor Hewan Kurban dan Dagingnya Dibagikan ke Warga

17 Juni 2024 - 01:56 WIB

Zairullah Azhar Gelar Open House Setelah Shalat Idul Adha 1445 Hijriyah

17 Juni 2024 - 01:55 WIB

Kodim 1022/Tanbu Potong 8 Sapi Kurban Untuk di Bagikan ke Kaum Duafa dan Fakir Miskin

17 Juni 2024 - 01:54 WIB

PT. Air Minum Bersujud Sumbangkan Hewan Qurban untuk Masyarakat Sekitar

17 Juni 2024 - 01:53 WIB

Trending di Advetorial