Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 21 Mei 2024 05:35 WIB ·

Pembinaan FKDM Tekankan Kewaspadaan Jelang Pilkada


 Pembinaan FKDM Tekankan Kewaspadaan Jelang Pilkada Perbesar

BATULICIN – Pembinaan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tekankan Kewaspadaan Jelang Pilkada melibatkan Sekretaris Desa di Kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu serta pengurus FKDM setempat.

Kegiatan dibuka Camat Kusan Tengah Aidil Adha ,Rabu (21/05/2024) di Balai Desa Saring Sungai Binjai. Serta di hadiri unsur Kejaksaan Tanah Bumbu, Staf Khusus Bupati Tanbu serta Forkopimcam Kecamatan Kusan Hilir.

Di sampaikan Camat Kusan Tengah. FKDM sebagai lembaga yang memiliki peran strategis dalam antisipasi dini, maupun penanganan dini terhadap peristiwa-peristiwa dan konflik di tingkat masyarakat. Maka itu pentingnya memperkuat FKDM melalui tingkat Desa hingga kebawahnya.

“Untuk melakukan kewaspadaan dini sejatinya harus di lakukan penggalian informasi secara dini sehingga segalanya bisa dianalisa lebih dulu terkait potensi ancaman dimasyarakat.

Menurutnya, saat ini mau menghadapi lebaran idul adha, tentunya potensi ancaman dini bisa di sebabkan oleh gejolak harga.

Begitu pula dengan menjelang Pilkada, di mana perbedaan pilihan turut memicu konflik di tengah masyarakat.

“Melalu kegiatan FKDM di harapkan peran masyarakat untuk saling membantu aparat keamanan dalam mencegah berbagai potensi konflik ,dan saling kordinasi dengan lintas terkait untuk mencegah potensi konflik tersebut.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Nahrul Fajeri melalui Kasubbid, Kewaspadaan Dini dan Penanganan Konflik Sosial ,Fatmadi Anas, S.Pt
mengungkapkan, tujuan dari pembinaan ini yakni untuk memperkuat FKDM melalui Forkopimcam.

Penguatan lainnya yaitu menjaring menampung mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data dan informasi mengenai ancaman tantangan hambatan dan gangguan Kecamatan Kusan Tengah.

“Kemudian menggali informasi, mengindentifikasi potensi konflik dan penanganan konflik sosial di wilayah Kecamatan Sungai Tengah,”pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bangun Gedung MPP dan Kantor Bappeda-Libang, Pemkab Tanbu Target Selesai Tahun Ini

25 Juni 2024 - 05:15 WIB

Komitmen Pemkab Tanah Bumbu Capai Target Turunkan Angka Stunting

20 Juni 2024 - 04:59 WIB

Usai Slat Ied, Lapas Batulicin Potong Tujuh Ekor Hewan Kurban dan Dagingnya Dibagikan ke Warga

17 Juni 2024 - 01:56 WIB

Zairullah Azhar Gelar Open House Setelah Shalat Idul Adha 1445 Hijriyah

17 Juni 2024 - 01:55 WIB

Kodim 1022/Tanbu Potong 8 Sapi Kurban Untuk di Bagikan ke Kaum Duafa dan Fakir Miskin

17 Juni 2024 - 01:54 WIB

PT. Air Minum Bersujud Sumbangkan Hewan Qurban untuk Masyarakat Sekitar

17 Juni 2024 - 01:53 WIB

Trending di Advetorial