Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 8 Mei 2024 07:54 WIB ·

Luncurkan INTRIK, Andi Achsan Dorong Efesiensi Administrasi Berbasis Teknologi Website


 Luncurkan INTRIK, Andi Achsan Dorong Efesiensi Administrasi Berbasis Teknologi Website Perbesar

BATULICIN –Kasubbag TU UPTD Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Tanah Bumbu, Andi Achsan Setiawan, SKep membuat terobosan. Lahirkan sebuah inovasi terbaru dalam pengelolaan retribusi jasa kebersihan.

Yakni aplikasi bernama INTRIK atau Identifikasi dan Penyetoran Retribusi Jasa Kebersihan. Tujuannya untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam layanan publik. Langkah maju dengan mengadopsi teknologi website dalam proses identifikasi dan penyetoran retribusi.

Peluncuran ini bagian dari Aksi Perubahan Pelayanan Publik Andi Achsan Setiawan dalam Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan V Tahun 2024 di Banjarbaru.

“Inovasi ini, yang kami sebut INTRIK, tidak hanya akan memudahkan akses informasi bagi masyarakat tentang retribusi jasa kebersihan, tetapi juga akan meningkatkan efisiensi administrasi,” ujar Andi Achsan Setiawan, SKep, Rabu (8/5/2024).

Dijelaskannya, INTRIK merupakan langkah terobosan yang bertujuan untuk memperbaiki aksesibilitas informasi terkait retribusi jasa kebersihan.

“Dengan menggunakan teknologi website, UPTD Pengelolaan Sampah mampu memberikan akses yang mudah bagi semua pihak untuk mendapatkan informasi tentang tarif retribusi, prosedur pembayaran dan pembaruan kebijakan secara real-time,” terangnya.

Inovasinya bahkan mendapatkan dukungan penuh dari Wakil Bupati Tanah Bumbu, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), serta Kabid PSLB3 DLH Tanah Bumbu.

“Ini adalah langkah signifikan dalam meningkatkan keterbukaan dan keterlibatan masyarakat dalam proses pengelolaan kebersihan lingkungan,” ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, DR H Ambo Sakka.

Selain memberikan keuntungan bagi masyarakat, pemanfaatan teknologi website juga akan membantu UPTD dalam meningkatkan efisiensi administrasi.

Kepala Bapenda Kabupaten Tanah Bumbu, H Deny Harianto menambahkan, dengan adanya sistem otomatisasi, proses administrasi seperti pencatatan data, pembuatan laporan dan pelacakan pembayaran dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat.

“Peningkatan efisiensi ini akan membantu kita dalam memaksimalkan pendapatan dari retribusi, yang pada akhirnya akan berdampak positif bagi pembiayaan layanan kebersihan di Tanah Bumbu,” jelasnya.

Dukungan penuh dari para pemimpin daerah ini menunjukkan komitmen mereka untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan publik yang lebih baik bagi masyarakat.

Dengan adopsi teknologi website dalam pengelolaan retribusi jasa kebersihan, Kabupaten Tanah Bumbu semakin menegaskan posisinya sebagai pionir dalam penerapan solusi digital untuk kemajuan daerah.

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bangun Gedung MPP dan Kantor Bappeda-Libang, Pemkab Tanbu Target Selesai Tahun Ini

25 Juni 2024 - 05:15 WIB

Komitmen Pemkab Tanah Bumbu Capai Target Turunkan Angka Stunting

20 Juni 2024 - 04:59 WIB

Usai Slat Ied, Lapas Batulicin Potong Tujuh Ekor Hewan Kurban dan Dagingnya Dibagikan ke Warga

17 Juni 2024 - 01:56 WIB

Zairullah Azhar Gelar Open House Setelah Shalat Idul Adha 1445 Hijriyah

17 Juni 2024 - 01:55 WIB

Kodim 1022/Tanbu Potong 8 Sapi Kurban Untuk di Bagikan ke Kaum Duafa dan Fakir Miskin

17 Juni 2024 - 01:54 WIB

PT. Air Minum Bersujud Sumbangkan Hewan Qurban untuk Masyarakat Sekitar

17 Juni 2024 - 01:53 WIB

Trending di Advetorial