Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 10 Feb 2024 06:31 WIB ·

Meningkatkan Jumlah Tenaga Terampil di Tanbu Dengan Pelatihan Menjahit


 Meningkatkan Jumlah Tenaga Terampil di Tanbu Dengan Pelatihan Menjahit Perbesar

BATULICIN, Advetorial  Khusus – Bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), PT Borneo Indobara (BIB) menggelar pelatihan menjahit pakaian wanita dewasa.

Pelatihan Berbasis Kompentensi (PBK) Program menjahit ini di laksanakan, Senin (19/02/2024) di Kantor Bumdes Sebamban Lama, Kecamatan Sungai Loban.

Manager CSR PT BIB, Silvyna mengatakan kegiatan pelatihan berbasis kompetensi di selenggarakan PT BIB bekerjasama dengan BLK Tanbu.

Silvyna berharap melalui pelatihan ini akan tumbuh sentra industri jahit yang bisa menjadi mitra perusahaan. Utamanya dalam melayani kebutuhan perusahaan terutama penyediaan seragam kerja.

“Sudah menjadi komitmen kami di perusahaan untuk memberdayakan masyarakat agar memiliki kemandirian ekonomi,” ujarnya.

Kepala BLK Tanbu Riza Akhyari menambahkan kerjasama pelatihan dengan perusahaan akan menambah target capaian pertumbuhan jumlah tenaga terampil di Tanbu.

Pola kerjasama semacam ini, sebut Riza, harus bisa di tetapkan oleh perusahaan lainnya. Agar tingkat keterampilan warga Tanbu semakin kompetitif dan mampu mengisi lapangan kerja yang tersedia.

Adapun pemateri pada pelatihan ini yakni dari BLK Tanbu dan pelaku industri. Hadir pula pada pembukaan pelatihan yakni Dinas Tenaga Kerja Tanbu, Camat Sungai Loban, Kepala Desa Sebamban Lama, dan Tim CSR PT BIB.

 

Pemkab Tanbu Bangun BLK berstandar Nasional 

BATULICIN – Sesuai janji Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar, keterampilan dan Sumber Daya Manusia (SDM) harus disiapkan untuk mengurangi angka pengangguran.

Sebab itu, sejak kepemimpinan Bupati Zairullah dan Wakilnya, Muhammad Rusli, Balai Latihan Kerja telah dibentuk meski masih menggunakan bangunan bekas pasar Pagatan.

Kendati demikian, tetap berjalan dan sudah mencetak tenaga ahli disejumlah bidang yang sudah mandiri dan bekerja di perusahaan.

Tak hanya itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, terus mengejar ke Kementrian Ketenagkerjaan RI untuk pembangunan Balai Latihan Kerja Berstandar Nasional.

Alhasil, tahun 2024 ini Kementrian Ketenagakerjaan akan membangunkan BLK yang telah diperjuangan Bupati Tanah Bumbu. Tentu saja, ini juga sebagai bagian upaya menyambut IKN.

Bupati Tanbu, dr HM Zairullah Azhar, belum lama tadi, mengatakan pembangunan BLK merupakan program unggulan guna meningkatkan keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Bumi Bersujud.

Mengingat, peningkatan kualitas SDM sangat di perlukan. Karena Tanah Bumbu bukan hanya sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN). Tetapi sebagai Mitra IKN. Untuk itu, perlu di persiapkan segala sesuatunya. Salah satunya yaitu SDM.

Terkait akan segera terbangunnya BLK Tanbu, Zairullah mengatakan belum lama tadi, Pemerintah Daerah di wakili Sekda Ambo Sakka dan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kadri Mandar telah melakukan koordinasi ke Kementerian Tenaga Kerja di Jakarta. Disana mereka berkoordinasi dengan Plt Dirjen Binalavotas Kemenaker.

Hasilnya, proses lelang BLK Tanbu akan di mulai pada Februari 2024 di Kementrian Tenaga Kerja.

Target Pengerjaan Selama Enam Bulan

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tanah Bumbu, Kadri Mandar, Selasa (30/1/24) menambahkan, pembangunan sedang persiapan lelang.

” Bulan Februari ini persiapan lelang, pengumuman hasil pemenang lelang nantinya dibulan Maret, ” ungkap Kadri.

Dari proses itu, perkiraan pelaksanaan pekerjaannya akan dimulai pada April mendatang setelah proses administraisnya selesai.

” Lama pekerjaan pembangunan, ditargetkan selama 6 bulan sudah selesai, ” beber Kadri.

Untuk pembangunan, lanjut Kadri, akan di mulai secara bertahap.

Ditahap pertama ini Yaitu ada dua buah bangunan workshop dan perkantoran, serta tempat ibadah.

Dua buah bangunan workshop tersebut yaitu program pelatihan operator alat berat dan mekanik.

Program pelatihan tersebut merupakan kebutuhan warga Tanbu yang berminat menjadi operator dan mekanik di sektor pertambangan maupun perkebunan dan bidang usaha lainnya.

” Ini merupakan upaya pemerintah daerah dalam mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejateraan masyarakat,” katanya.

Lahan 5 Ha Untuk BLK

Pembangunan BLK tahun ini benar-benar akan terbangun dan pihak Kementrian Tenaga Kerja sudah melakukam persiapan lelang tender.

Untuk lokasi pembangunan BLK, Pemerintah Daerah telah menemtukan titiknya di Jalan Lingkar BKW, tepatnya di seberang Kantor KPH Kusan di Kecamatan Batulicin.

” Untuk lahan pembangunan BLK ini, Pemda sudah dari tahun-tahun sebelumnya siapkan lahan seluas 5 Ha, ” kata Kepala Dinas Tenega Kerja dan Transmigrasi Tanah Bumbu, Kadri Mandar.

Ia pun berharap, proses pembangunan ini bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan sehingga fasilitasnya ini bisa cepat dirasakan masyarakat untuk peningkatan SDM.

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BPJS Kesehatan Cabang Tanah Bumbu Kotabaru Berikan Penghargaan Kepada Badan Usaha

28 Mei 2024 - 04:39 WIB

Raih 11 Kali Opini WTP Berturut Turut Bupati Zairullah Azhar Ajak 12 Kepala Daerah Baca Solawat Badar.

7 Mei 2024 - 00:53 WIB

Delegasi Kejari Tanbu, Juara Kategori 5K Internal Jaksa di Adhyaksa Internasional Run 2024

28 April 2024 - 06:31 WIB

BPBD Tanbu kerahkan 20 personil amankan puncak Mappanre Ri Tasi’e

28 April 2024 - 05:25 WIB

Meriahkan Mappanre Ri Tasie, Dinas Perikanan Tanbu Bersama HNSI dan Avian Bagikan Cat

27 April 2024 - 06:04 WIB

PT BIB Buka Seleksi Beasiswa 85 Anak Berprestasi, Kuliah di Institute Teknologi Sains Bandung (ITSB)

25 April 2024 - 06:29 WIB

Trending di Advetorial