Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 6 Feb 2024 05:35 WIB ·

Kebakaran Satui, Bupati Zairullah Langsung Temui Warga dan Serahkan Bansos


 Kebakaran Satui, Bupati Zairullah Langsung Temui Warga dan Serahkan Bansos Perbesar

BATULICIN – Kebakaran di Kecamatan Satui mendapat perhatian serius Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Abah Zairullah Azhar. Orang nomor satu di Bumi Bersujud itu bergerak cepat temui warga korban kebakaran dan serahkan bantuan sosial (Bansos).

Kedatangan Bupati di lokasi pasca kebakaran, Selasa (6/2/2024) di dampingi Anggota DPRD, Sekda Tanbu Ambo Sakka, Kepala SKPD, Camat Satui, Kapolsek Satui, dan Kepala Desa.

Bupati Abah Zairullah menyampaikan bela sungkawa atas musibah kebakaran tersebut. Apalagi sampai ada korban jiwa serta berharap agar para korban bisa tabah dan bersabar atas musibah yang menimpa.

Abah Zairullah juga berterimakasih kepada Camat Satui, Kapolsek, Danramil dan Kepala Desa, BPBD, dan pihak lainnya yang membantu dengan cepat menangani musibah kebakaran ini.

Abah Zairullah, menambahkan pemerintah daerah segera melakukan pendataan dan akan melakukan langkah-langkah strategis untuk membantu para korban kebakaran tersebut.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Tanbu, Sulhadi mengatakan kebakaran pemukiman terjadi pada Selasa (6/2/2024) pukul 01.16 wita. Lokasi kebakaran di Desa Berkah Bersama dan Desa Makmur Jaya Kecamatan Satui. Untuk penyebab kebakaran tersebut masih dalam penyelidikan yang berwenang.

Kejadian ini menyebabkan 25 rumah terbakar dan menimbulkan 1 korban jiwa meninggal dunia (MD) akibat terjebak di lantai 2 (dua) rumahnya. Serta hampir 90 persen harta benda warga tidak bisa di selamatkan.

“Untuk Desa Persiapan Berkah Bersama sebanyak 24 KK/88 Jiwa dan 21 Rumah rusak berat dan 2 rusak sedang. Desa Makmur Jaya sebanyak 3 KK/15 Jiwa, 1 rusak berat dan 1 rusak ringan. Total sebanyak 27 KK/103 Jiwa,” Ungkap Sulhadi.

Adapun taksiran kerugian dan kerusakan hasil Pengkajian Kebutuhan Pascabencana (JITUPASNA) yakni Desa persiapan Berkah Bersama Rp 2.530.800.000, dan Desa Makmur Rp 304.800.000.

Korban luka-luka dan jiwa, 1 (satu) orang meninggal dunia atasnama Hamsiah 75 Tahun.

Beberapa upaya yang di lakukan BPBD yakni melakukan kordinasi dengan pihak desa, kecamatan, TNI/Polri, Dinas Sosil, Relawan terkait pendirian tenda Penggungsi dan bantuan logistik. Mengunjungi korban kebakaran di Desa persiapan Berkah Bersama dan Desa Makmur Jaya. Melakukan verifikasi data, menyiapkan tenda pengungsi, menyerahkan bantuan logistik untuk keperluan dapur umum.

Menurunkan Tim JITUPASNA untuk menghitung taksiran kerugian, membantu membungkus nasi untuk didistribusikan kepada para penggungsi. Menyerahkan bantuan logistik yang langsung diserahkan oleh Bupati Tanah Bumbu.

Kondisi saat ini, Api sudah kondusif, dipadamkan oleh damkar pos Satui, relawan RPKS dan armada perusahaan. Warga yang terdampak sementara menggungsi dirumah keluarga. Polsek Satui mendirikan posko bantuan dan konseling, dan Dinas sosial membuka dapur umum untuk warga yang terdampak.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BPJS Kesehatan Cabang Tanah Bumbu Kotabaru Berikan Penghargaan Kepada Badan Usaha

28 Mei 2024 - 04:39 WIB

Raih 11 Kali Opini WTP Berturut Turut Bupati Zairullah Azhar Ajak 12 Kepala Daerah Baca Solawat Badar.

7 Mei 2024 - 00:53 WIB

Delegasi Kejari Tanbu, Juara Kategori 5K Internal Jaksa di Adhyaksa Internasional Run 2024

28 April 2024 - 06:31 WIB

BPBD Tanbu kerahkan 20 personil amankan puncak Mappanre Ri Tasi’e

28 April 2024 - 05:25 WIB

Meriahkan Mappanre Ri Tasie, Dinas Perikanan Tanbu Bersama HNSI dan Avian Bagikan Cat

27 April 2024 - 06:04 WIB

PT BIB Buka Seleksi Beasiswa 85 Anak Berprestasi, Kuliah di Institute Teknologi Sains Bandung (ITSB)

25 April 2024 - 06:29 WIB

Trending di Advetorial