Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 25 Jan 2024 00:13 WIB ·

Zairullah Sebut Bulan Depan Jalan km 171 Satui Tanbu, Mulai Diperbaiki


 Zairullah Sebut Bulan Depan Jalan km 171 Satui Tanbu, Mulai Diperbaiki Perbesar

BATULICIN – Jalan Longsor kilometer (KM) 171 Satui Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, akhirnya diperbaiki di 2024 ini.

Pasalnya, jalan yang longsor pada tahun 2022 segera diperbaiki bulan depan, dengan tetap menggunakan jalan semula.

Hal itu diungkapkan, Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), dr HM Zairullah Azhar. Ia mengatakan, jalan eks longsor di Desa Satui Barat kilometer 171 segera diperbaiki dengan kondisi yang lebih kokoh.

” Seluruh pembiayaan ditanggung PT Arutmin Indonesia dengan perkiraan anggaran sebesar Rp 300 miliar, ” kata Zairullah di ruang kerjanya, Kamis (25/1/25).

Masa pengerjaan penimbunan jalan dan pembangunan jalan baru diprediksi butuh waktu 12 bulan untuk memperlancar proses penimbunan km 171 Satui

Sedangkan yang saat ini yang menjadi jalan alternatif milik pemkab akan diganti untung sebagai akses pengangkut material Arutmin.

Menurut Zairullah, pemkab tidak dirugikan karena aset tersebut dibeli perusahaan. Sementara itu, jalan alternatif sementara untuk masyarakat dialihkan ke jalur kiri dari arah Batulicin menuju banjarmasin.

Panjangnya, lanjut Zairullah sekitar dua sampai tiga kilometer yang juga dibangun PT Arutmin.

” Alasan mendasar pengalihan jalan km 171 karena kenyamanan dan keamanan pengguna jalan juga untuk memperlancar arus lalu lintas ke IKN, ” katanya.

Kondisi saat ini, sekitar jalan alternatif diketahui bersama memang ada aktivitas pertambangan resmi yang dikhawatirkan mengganggu kondisi jalan. Sehingga menjadi keluhan masyarakat pengguna jalan dan harus dialihkan lagi demi keselamatan bersama.

Sekadar diketahui, Jalan Nasional km 171 Desa Satui Barat Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu longsor pada 28 september 2022 lalu.

Akibatnya, sebagian besar badan jalan terputus dan jalan terpaksa ditutup untuk akses utama angkutan roda empat keatas. Pemkab kemudian membuat jalan alternatif dari sisi kanan jalur batulicin – banjarmasin sebagai pengganti jalan utama yang saat ini menjadi akses utama.

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Guru Wildan Himbau Warga Kalsel Ciptakan Pemilu Damai Dan Pilih Prabowo Gibran

9 Februari 2024 - 07:13 WIB

Camat Simpang Empat Hadiri Peringatan Isra Miraj di Ponpes Alasmaul Husna

29 Januari 2024 - 23:13 WIB

Pemkab Tanah Bumbu Gandeng Mitra Kerja dan CSR, Tekan Angka Stunting

29 Januari 2024 - 23:12 WIB

Sebanyak 1275 PPPK Menunggu SK, Kepala BKPSDM Tanbu Sebut Masih Proses Pengusulan NIP

28 Januari 2024 - 00:03 WIB

Studi Mekanisme Pembahasan Penjadwalan LHP BPK, Banmus DPRD Tanbu Kunker ke Kabupaten PPU

27 Januari 2024 - 23:15 WIB

BPS dan KominfoTanbu, Ekspose Nilai Tukar Petani

26 Januari 2024 - 00:10 WIB

Trending di Advetorial