Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 22 Jan 2024 23:52 WIB ·

Ketua DPRD Tanah Bumbu, Andrean Atma Maulani Peringati Haul Abah Guru Sekumpul


 Ketua DPRD Tanah Bumbu, Andrean Atma Maulani Peringati Haul Abah Guru Sekumpul Perbesar

BATULICIN – Perayaan Haul Abah Guru Sekumpul merupakan bentuk cinta dan kasih sayang masyarakat setempat untuk memperingati wafatnya Tuan Guru Muhammad Zaini Abdul Ghani Al-Banjari.

Kegiatan seperti ini pun merupakan agenda tahunan yang digelar. Saat ini, sudah menjadi Haul ke-19 Guru Sekumpul yang beberapa waktu lalu digelar secara Akbar dan berlokasi di Martapura, Kalimantan Selatan.

Rupanya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu, Andrean Atma Maulani tak mau ketinggalan demi mendapatkan berkah dan karomah dari Guru Sekumpul.

Secara pribadi, dirinya beserta keluarga besar juga menggelar haul di kediamannya di Kecamatan Simpang Empat, Senin (22/01/24) malam.

“Haul keluarga besar sekaligus haul guru Sekumpul,” ungkap Ketua DPRD Tanah Bumbu.

Bagi sosok muda Tanah Bumbu yang kerap disapa Bang Ketua ini, sosok KH Zaini Abdul Ghani memiliki pengaruh yang luar biasa.

Semasa hidup, pengajian yang diadakannya selalu ramai oleh jamaah, tidak hanya dari Kalimantan tetapi juga dari pulau Jawa, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Prestasinya mencakup berbagai lapisan masyarakat, dari pejabat hingga seniman, seperti Gus Dur, Megawati Soekarno Putri, Amien Rais, hingga Aa Gym, yang pernah mengunjungi kediaman spiritualis ini.

Ketenarannya yang merata dan pengikut yang tersebar membuat makam Guru Ijai menjadi tempat tujuan ziarah yang diminati, terutama saat peringatan haulnya yang diadakan setiap tahun, di mana ratusan ribu orang memadati Komplek Sekumpul untuk menghormati dan merayakan warisan spiritualnya.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bupati Tanbu Tinjau Lokasi Pengungsian dan Dapur Umum

9 Juni 2024 - 05:09 WIB

Sekda Tanbu Kunjungi Lokasi Pengungsian dan Dapur Umum

9 Juni 2024 - 05:06 WIB

Sekda Ambo Sakka Sebut Banjir Sudah Surut dan Kondisi Aman

8 Juni 2024 - 05:11 WIB

TMMD ke-120 di Tanah Bumbu : Selesai dan Sukses

7 Juni 2024 - 05:13 WIB

Ada Sekitar 16.383 Jiwa dan 30 Desa Terdampak Banjir Luapan Aliran Sungai di Tanbu

7 Juni 2024 - 05:12 WIB

Kasrem 101 Antasari Pimpin Gladi Upacara Penutupan TMMD Reguler 120 Kodim 1022 Tanah Bumbu

6 Juni 2024 - 05:17 WIB

Trending di Advetorial