Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 12 Jan 2024 23:35 WIB ·

KPU Tanah Bumbu Sebut Pemilih Pemula bisa Mencoblos di TPS


 KPU Tanah Bumbu Sebut Pemilih Pemula bisa Mencoblos di TPS Perbesar

BATULICIN,  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) berharap Disdukcapil bisa menerbitkan e-KTP fisik untuk pemilih pemula yang genap berusia 17 tahun pada hari pencoblosan di Pemilihan Umum (Pemilu) Pemilihan Presiden (Pilpres) tanggal 14 Pebruari mendatang. Jika sudah mendapatkan e-KTP fisik, KPU Tanah Bumbu mempersilahkan pemilih pemula itu untuk membawa e-KTP fisik ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Tanah Bumbu, Puryadi , Jum’at (12/1) sore diruang kerjanya.

“Untuk pemilih pemula yang sudah melakukan perekaman akan tetapi e-KTP fisik belum terbit, diharapkan menunggu terbitnya e-KTP fisik agar bisa memilih ke TPS yang dimana alamat pemilik tertera saat Pemilu” kata Puryadi.

Ditanya terkait data pemilih pemula yang lumayan banyak di Kabupaten Tanah Bumbu belum melakukan perekaman e-KTP di Disdukcapil Tanbu, pihaknya mengaku bakal selalu akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait. “Nanti setelah mendekati 15 hari sebelum pencoblosan Pilpres, bakal mendatangi Disdukcapil Tanbu untuk menanyakan sampai dimana progres pembuatan e-KTP bagi pemilih pemula tersebut” katanya.

Ditempat terpisah, Kepala Disdukcapil Tanbu, Gento Hariyadi saat ditemui Pikiran Rakyat Media Network, dia menyebut dalam mensukseskan Pilpres pihaknya mendapat tugas dari pusat untuk melakukan perekaman pemilih pemula. “Kalo untuk urgensi tinggi saat ini, Disdukcapil Tanbu saat ini melakukan penuntasan perekaman e-KTP pemilih pemula dalam rangka suksesi Pilpres di 14 Pebruari mendatang”katanya.

Dia juga menyebut jumlah pemilih pemula dan dewasa di Kabupaten Tanah Bumbu yang belum melakukan perekaman administrasi kependudukan (Adminduk) keseluruhannya berjumlah 3.700 jiwa.

“Kami mendapat data dari system SIAK yang dikirim oleh Kemendagri melalui Dirjen Adminduk, maka terdapat Disdukcapil Tanbu bahwa keluar disitu tugas yang harus dituntaskan berjumlah 3.700 jiwa pemilih pemula dan orang dewasa,” kata Gento Dijelaskan, data tersebut diselesaikan selama satu tahun, dimulai dari Pilpres Pebruari hingga Pilkada bulan September mendatang, keseluruhan pemilih pemula dan dewasa harus sudah selesai dilakukan perekaman e-KTP di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu. Dia mengaku, bahwa walaupun saat ini cakupan perekaman e-KTP di Didsdukcapil Tanbu sudah mencapai 99,06 % yang sudah terukur dan dilaporkan ke provinsi hingga mendapat peringkat terbaik 1 di Kalsel dengan cakupan penyelesaian tertinggi. “Cakupan perekaman e-KTP Disdukcapil Tanbu mencapai 99,06 % hingga mendapat peringkat terbaik 1 se Kalsel, rupanya sisanya 1 % persen itu jumlah juga cukup banyak yaitu mencapai 3.700 jiwa,” jelasnya

Langkah yang sudah dilakukan pihak Disdukcapil untuk melakukan perekaman e-KTP pemilih pemula ini yaitu dengan melakukan tracking melalui data base by name by address kemudian berkirim surat ke Kecamatan hingga kedesa. “Surat sudah kita kirim ke kecamatan kemudian dilanjutkan kedesa untuk membantu pengerahan bagi warga yang masih belum melakukan perekaman e-KTP,” katanya

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Guru Wildan Himbau Warga Kalsel Ciptakan Pemilu Damai Dan Pilih Prabowo Gibran

9 Februari 2024 - 07:13 WIB

Camat Simpang Empat Hadiri Peringatan Isra Miraj di Ponpes Alasmaul Husna

29 Januari 2024 - 23:13 WIB

Pemkab Tanah Bumbu Gandeng Mitra Kerja dan CSR, Tekan Angka Stunting

29 Januari 2024 - 23:12 WIB

Sebanyak 1275 PPPK Menunggu SK, Kepala BKPSDM Tanbu Sebut Masih Proses Pengusulan NIP

28 Januari 2024 - 00:03 WIB

Studi Mekanisme Pembahasan Penjadwalan LHP BPK, Banmus DPRD Tanbu Kunker ke Kabupaten PPU

27 Januari 2024 - 23:15 WIB

BPS dan KominfoTanbu, Ekspose Nilai Tukar Petani

26 Januari 2024 - 00:10 WIB

Trending di Advetorial