Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 25 Des 2023 04:30 WIB ·

Tugu dan Bundaran Adipura Jadi Objek Wisata Baru Warga Tanbu


 Tugu dan Bundaran Adipura Jadi Objek Wisata Baru Warga Tanbu Perbesar

BATULICIN, Newskalsel.com Lapsus – Jelang tahun baru 2024, warga Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) miliki objek wisata baru.

Objek wisata baru tersebut merupakan salah satu program dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu yang komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, salah satunya tempat berwisata.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Tanbu, Hernadi Wibisono membenarkan terkait beberapa proyek yang diinisiasi oleh Bupati Tanah Bumbu, dr HM Zairullah Azhar tersebut menjadi objek wisata baru warga Bumi Bersujud.

Salah satunya, kata Hernadi, Tugu dan bundaran Adipura yang ada di kawasan perkantoran Bupati Tanah Bumbu di Kelurahan Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin, setiap sore ramai dengan warga yang bersantai hingga berswafoto.

“Jadi tempat nongkrong kaum milenial dan para orang tua membawa anak-anak bermain,” kata dia.

Menurut Hernadi, tugu dan bundaran adipura ini bukan hanya sekedar menjadi objek wisata baru, melainkan juga mulai tumbuh ekonomi sekitarnya.

“Pedagang keliling mulai ramai jualannya dan mungkin akan semakin ramai yang datang juga pedagang mulai bertambah,” sebut dia.

Dia memastikan tugu dan bundaran ini tentu akan menciptakan manfaat di luar dari kegunaan dan fungsinya.

“Tapi perlu ada pengawasan dari pemerintah dan kesadaraan dari masyarakat dalam menjaga asset daerah ini,” terang dia.

Dia menjelaskan, untuk warga yang berkumpul maupun bermain bersama keluarga harus disiplin dan rapi.

“Jangan sampai justru menggangggu fungsi bangunan ini, seperti mengganggu kelancaran arus lalu lintas,” jelas Hernadi.

Selain itu, UMKM yang tumbuh di sekitar tugu dan bundaran adipura juga harus rapi dan menjaga kebersihan.

“Jangan sampai nanti kebersihan kurang, justru merusak keindahan dan kenyamanan saat dikunjungi,” jelas dia.

Tugu dan Bundaran Adipura di Kelurahan Gunung Tinggi

Tugu dan Bundaran Adipura berada di Jalan Dharma Paraja Kelurahan Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin, Tanah Bumbu.

Tepatnya di perempatan jalan depan Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Tanah Bumbu.

Tugu dan bundaran adipura ini berupa bangunan beton berbentuk bundar dilengkapi dengan sebuah tugu menjulang tinggi berpucuk sertifikat adipura atau symbol piagam terkait kebersihan lingkungan.

Di sekeliling bundaran juga dilengkapi dengan taman aneka bunga dan tanaman serta taman air mancur yang menampilkan pemandangan indah dan artistic.

Kemudian pada sisi jalan sebelah kiri tugu dan bundaran adipura terdapat sebuah taman dengan dinding dengan warna-warni bertuliskan TANAH BUMBU yang kerap dijadikan warga sebagai spot swafoto.

Di sisi lain jalan juga terdapat dua taman berlantai material paving blok beton dilengkapi bangku panjang yang biasa dijadikan tempat nongkrong bagi kaum milenial.

Tugu dan Bundaran Adipura Bentuk Simbol Keberhasilan

Tugu dan Bundaran Adipura dibangun sebagai bentuk pengabadian secara symbolis terkait keberhasilan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dalam mengelola kebersihan lingkungan yang diberikan oleh Kemnterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Keberhasilan Pemkab Tanah Bumbu dalam meraih Adipura setelah melewati penilaian pada Tahun 2022 lalu pada kategori kota kecil.

Predikat peraih Adipura kategori kota kecil terhadap Kabupaten Tanah Bumbu diberikan bertepatan pada rangkaian puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023 di Jakarta.

Program Adipura merupakan instrument pengawasan kinerja pemerintah kabupaten/kota dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau (RTH) perkotaan yang bersih, teduh, serta berkelanjutan.

Indikator penilaian Adipura tidak hanya focus pada penanganan sampah, melainkan juga mengurami sampah dari sumbernya yang mencakup fasilitas dan proses pemilahan, pendauran, penggunaan ulang serta penanganan sampah di TPA.

Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bupati Tanbu Tinjau Lokasi Pengungsian dan Dapur Umum

9 Juni 2024 - 05:09 WIB

Sekda Tanbu Kunjungi Lokasi Pengungsian dan Dapur Umum

9 Juni 2024 - 05:06 WIB

Sekda Ambo Sakka Sebut Banjir Sudah Surut dan Kondisi Aman

8 Juni 2024 - 05:11 WIB

TMMD ke-120 di Tanah Bumbu : Selesai dan Sukses

7 Juni 2024 - 05:13 WIB

Ada Sekitar 16.383 Jiwa dan 30 Desa Terdampak Banjir Luapan Aliran Sungai di Tanbu

7 Juni 2024 - 05:12 WIB

Kasrem 101 Antasari Pimpin Gladi Upacara Penutupan TMMD Reguler 120 Kodim 1022 Tanah Bumbu

6 Juni 2024 - 05:17 WIB

Trending di Advetorial