Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 20 Des 2023 04:30 WIB ·

Dukung Aktivitas Ekonomi Warga, Pemkab Tanbu Rampungkan 3 Jembatan


 Dukung Aktivitas Ekonomi Warga, Pemkab Tanbu Rampungkan 3 Jembatan Perbesar

BATULICIN, Neswkalsel.com  Lapsus – Jembatan merupakan salah satu akses penting dalam menunjang aktivitas ekonomi.

Sebabnya, jembatan adalah akses penghubung antar desa, kecamatan hingga kabupaten yang dimanfaatkan masyarakat, salah satunya sebagai penunjang aktivitas ekonomi.

Demi mendukung peningkatan ekonomi warga, Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu) melalui Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) pada tahun 2023 merampungkan pembangunan tiga unit jembatan.

Kepala Dinas PUPR Pemkab Tanbu, Hernadi Wibisono melalui Kepala Bidang Bina Marga, Ramdhan Nasution memastikan pembangunan tiga unit jembatan tahun 2023 sudah rampung.

“Sudah rampung dan sudah bisa melintas kendaraan warga,” yakin Ramdhan di ruang kerjanya kantor Dinas PUPR Pemkab Tanbu, Jumat (29/12/2023).

Ramdhan membeberkan, tiga jembatan yang sudah rampung pembangunannya tersebut berada di Kecamatan Batulicin, Kusan Tengah dan Mantewe.

“Jembatan kusambi di Desa Maju Bersama, jembatan pulau tanjung-salimuran di Desa Pulau Tanjung dan jembatan batu haring di Desa Mantewe,” beber dia.

Dia menjelaskan, perbaikan dan pembangunan jembatan ini merupakan inisiasi Bupati Tanah Bumbu, dr HM Zairullah Azhar yang ingin memberikan pelayanan terbaik dan peningkatan ekonomi warga.

“Pak Bupati (Zairullah Azhar) sangat konsen dalam mendukung kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan program peningkatan akses penunjang ekonomi masyarakat ini,” jelas dia.

Dia menambahkan, salah satu jembatan pembangunannya sesuai target kontrak harusnya selesai pada tahun 2024 mendatang.

“Jembatan kusambi selesai lebih awal, padahal kontrak selesai hingga pertengahan tahun 2024,” tambah dia.

1. Jembatan Kusambi

Jembatan Kusambi berada di Desa Maju Bersama Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu. Jembatan ini memiliki panjang bentang 60 meter dan lebar 8 meter. Pembangunan jembatan menggunakan konstruksi baja kelas B dengan kekuatan beban hingga 50 ton. Realisasi pembangunan jembatan ini Pemkab Tanbu mengucurkan anggaran senilai Rp 13,573 miliar.

2. Jembatan Batu Harang

Jembatan Batu Harang terletak di Desa Mantewe Kecamatan Matewe Kabupaten Tanah Bumbu. Jembatan dengan konstruksi rangka baja kelas C ini memiliki panjang bentang 50 meter dan lebar 4,5 meter. Jembatan dengan kekuatan beban di atas 25 ton ini pembangunannya menguras anggaran Pemkab Tanbu senilai Rp 8,6 miliar.

3. Jembatan Pulau Tanjung-Salimuran

Jembatan Pulau Tanjung-Salimuran berada di Desa Pulau Tanjung Kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu. Jembatan ini memiliki panjang bentang 18 meter dan lebar 7 meter ditambah trotoar 0,5 meter di sisi kiri dan kanan jembatan. Jembatan terbuat dengan konstruksi pile slab. Anggaran untuk jembatan ini Pemkab Tanbu mengucurkan dana Rp 3 miliar.

Artikel ini telah dibaca 71 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bupati Tanbu Tinjau Lokasi Pengungsian dan Dapur Umum

9 Juni 2024 - 05:09 WIB

Sekda Tanbu Kunjungi Lokasi Pengungsian dan Dapur Umum

9 Juni 2024 - 05:06 WIB

Sekda Ambo Sakka Sebut Banjir Sudah Surut dan Kondisi Aman

8 Juni 2024 - 05:11 WIB

TMMD ke-120 di Tanah Bumbu : Selesai dan Sukses

7 Juni 2024 - 05:13 WIB

Ada Sekitar 16.383 Jiwa dan 30 Desa Terdampak Banjir Luapan Aliran Sungai di Tanbu

7 Juni 2024 - 05:12 WIB

Kasrem 101 Antasari Pimpin Gladi Upacara Penutupan TMMD Reguler 120 Kodim 1022 Tanah Bumbu

6 Juni 2024 - 05:17 WIB

Trending di Advetorial