Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 30 Okt 2023 03:39 WIB ·

Pelatihan Budidaya di Sungai Loban dan Angsana, RIK Bakal Gandeng Sejumlah Perusahaan


 Pelatihan Budidaya di Sungai Loban dan Angsana, RIK Bakal Gandeng Sejumlah Perusahaan Perbesar

BATULICIN – Rumah Inspirasi Kreatif (RIK) yang berbasis di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel) terus berupaya melaksanakan program pelatihan budidaya jamur tiram dan pupuk organik.

Sebelumnya, program yang sama sukses digelar di Desa Selaselilau Kecamatan Karang Bintang dan Desa Mekar Sari, Kecamatan Simpang Empat.

Agar program pelatihan lebih maksimal, RIK rencananya akan menggandeng tiga perusahaan, yakni PT Borneo Indobara, PT Tunas Inti Abadi, dan PT Cipta Kridatama untuk turut berpartisipasi.

Ketua RIK, Anwar Ali Wahab mengatakan, saat ini pihaknya masih membahas rencana kegiatan dengan perusahaan tersebut, termasuk memutuskan tempat kegiatan.

“Kita sedang membahas dengan pihak perusahaan tempat kegiatan yang paling tepat dan diminati masayarakat sekitar sehingga kegiatan yang kita laksanakan nantinya benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat desa di kabupaten kita ini,” ujar pria yang akrab disapa Anwar ini.

Walaupun masih dalam pembicaraan, namun Anwar sudah memliki gambaran lokasi kegiatan.

Lokasi kegiatan menurutnya akan dekat dengan perusahaan yang diajak bekerjasama. Seperti di Desa Dwimarga Utama atau Desa Kertabuana, Kecamatan Sungai Loban.

Setiap sekali kegiatan, RIK menargetkan 75 masyarakat berpartisipasi sebagai peserta dengan estimasi waktu 3 sampai 4 hari.

“Kita berharap masyarakat mendapatkan ilmu dan bisa menerapkannya kelak guna menambah penghasilan mereka dalam berwira usaha,” harap Anwar.

Menurut Anwar, kegiatan pelatihan merupakan bagian dari program revitalisasi masyarakat yang layak di bekali pengetahuan tentang budidaya jamur tiram dan pupuk organik.

Hal itu bertujuan agar masyarakat mampu mandiri serta memiliki kemampuan usaha dengan sumber daya lokal yang dimiliki.

Dengan demikian, diharapkan lahir masyarakat yang memiliki jiwa kewirausahaan, manajemen keuangan, mengorganisir kelompok dan mengedukasi masyarakat sekitar sehingga menjadi desa yang mandiri secara ekonomi.

Anwar menambahkan, dengan pengetahuan baru yang dimiliki, masyarakat juga diharapkan tidak mengandalkan hasil dari satu komoditas atau bergantung kepada gaji perusahaan.

Pengetahuan tentang budidaya jarum tiram dan pupuk organik akan menjadi usaha sampingan yang bisa menambah penghasilan.

“Dengan pemberdayaan semacam ini maka akan terangkat martabat masyarakat secara ekonomi, tidak lagi bergantung kepada satu sektor juga mengangkat nama daerah dan perusahaan itu sendiri sehingga menjadi target dan magnet bagi daerah lain untuk belajar disini. Bahkan sangat mungkin dari luar Pulau Kalimantan,” paparnya.

Dikatakan Anwar, pembahasan kegiatan RIK dengan perusahaan akan dilakukan secepatnya.

“Insya Allah Kegiatan pelatihan RIK nanti akan kami bahas dengan pihak perusahaan sepulang urusan dari Jakarta,” pungkasnya. (ril)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Raih 11 Kali Opini WTP Berturut Turut Bupati Zairullah Azhar Ajak 12 Kepala Daerah Baca Solawat Badar.

7 Mei 2024 - 00:53 WIB

Delegasi Kejari Tanbu, Juara Kategori 5K Internal Jaksa di Adhyaksa Internasional Run 2024

28 April 2024 - 06:31 WIB

BPBD Tanbu kerahkan 20 personil amankan puncak Mappanre Ri Tasi’e

28 April 2024 - 05:25 WIB

Meriahkan Mappanre Ri Tasie, Dinas Perikanan Tanbu Bersama HNSI dan Avian Bagikan Cat

27 April 2024 - 06:04 WIB

PT BIB Buka Seleksi Beasiswa 85 Anak Berprestasi, Kuliah di Institute Teknologi Sains Bandung (ITSB)

25 April 2024 - 06:29 WIB

ASDP Ferry Batulicin Mulai Uji Coba Penerapan Pembelian Tiket Berbasis Website

24 April 2024 - 06:09 WIB

Trending di Advetorial