Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 17 Okt 2023 03:53 WIB ·

Zairullah Terus Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdik Sebut Uji Kompetensi Google For Edukasi Peringkat 2 Nasional


 Zairullah Terus Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdik Sebut Uji Kompetensi Google For Edukasi Peringkat 2 Nasional Perbesar

BATULICIN, Advetorial Khusus – Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar, memberikan motivasi kepada 224 kepala sekolah TK, SD dan SMP di Gebyar Festival Belajar.id yang digelar Pendopo Serambi Madinah Kantor Bupati Tanah Bumbu, Selasa (17/10/2023) siang.

Para tenaga pendidik harus bisa berinovasi dan Pemerintah Daerah juga bertugas untuk terus melakukan upaya peningkatan pelayanan pendidikan. Misalnya saja peningkatan SDM untuk kalangan kepala sekolah dan guru.

Dalam rangka peningkatan IT, menurut Zairullah sudah memikirkan hal tersebut bahkan sudah berjalan. Selain itu, saat ini, ia telah bekerjasama dengan pihak Briton untuk bahasa Inggris, dan saat ini sedang berproses untuk membangun kerjasama dengan China untuk bahasa Mandarin, begitu juga dengan bahasa Arab juga sedang dikomunikasikan.

” Kita ingin punya SDM yang serba bisa. Sebab itu, kami dari Pemerintah Daerah terus menggenjot pengembangan SDM untuk mencetak generasi pemimpin bangsa yang nanti berasal dari Tanah Bumbu, ” kata Zairullah.

Pengembangan IT harus terus dikembangkan dengan didukung SDM yang mumpuni. Kualitas guru harus ditingkatkan bila ingin mencetak generasi yang berhasil.

” Kualitas guru harus ditingkatkan. Kita akan bentuk SDM yang berkualitas seiring dengan perkembangan Teknologi. Kita berikan dukungan penuh,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Bumbu, Amiludin, mengatakan, akun belajar ID merupakan email pendidikan yang dibagikan oleh Kemendikbud Ristek yang digunakan guru dan siswa dalam berbagai platform pendidikan yang disediakan oleh Pemerintah.

Platform tersebut terdapat beragam materi pembelajaran, modul dan bahan ajar yang dapat membantu para guru dalam mempersiapkan materi pembelajaran yang berkualitas.

” Kita berkumpul ditempat ini dalam rangka penganugerahan Jawara Belajar.id Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu,” sebutnya.

Jawara Belajar Id tingkat Kabupaten Tanah Bumbu ini, lanjut Amiludin, dipilih berdasarkan beberapa katagori, diantaranya, pemanfaatan akun belajar Id, Uji kompetensi siswa tertinggi, penggunaan platform merdeka mengajar, praktik baik terbanyak dalam penggunaan alat TIK Chromebook, dan perencanaan bebasis data.

Dan perlu diketahui bahwa Daerah Jawara Belajar Id ini akan berlanjut ketingkat provinsi dan nasional. Bahkan saat ini, Tanbu diurutan 6 di Kalimantan Selatan.

Disebutkan Amiludin, prestasi akun belajar Id di Tanah Bumbu ini di antaranya untuk Aktifasi Akun Belajar Id presentase Kabupaten Tanah Bumbu mencapai 82,47 % per tanggal 15 Oktober 2023 dari 62.049 akun yang disediakan.

Dimana peringkat pemanfaatan akun tersebut di Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan berada diperingkat 6 dan di Tingkat Nasional sebagai peringkat 32.

Uji kompetensi google for edukasi, Tanah Bumbu berada pada peringkat 2 nasional dengan jumlah 13.000 yang lulus Uji Kompetensi, posisi ini sebagai peringkat 1 Kalsel.

Selain itu, Pemanfaatan chromebook yang dibuat praktik baik, Tanah Bumbu berada pada peringkat 4 Nasional dan untuk provinsi berada pada peringkat 3.

” Pemanfaatan Platform merdeka mengajar, kita masih perlu peningkatan karena terdapat 1.539 akun guru yang belum mengeksplorasi, baik dalam proses, mulai belajar mandiri, belajar mandiri, eksplor aksi nyata dan asesmen murid serta perangkat ajar, ” katanya.

Dalam pemanfaatan platform merdeka belajar ini, ia sangat berharap kepada semua sekolah agar bisa memanfaatkan aplikasi ini secara maksimal.

” Kualitas pendidikan di Tanah Bumbu terus kita tingkatkan, ” pungkasnya.

Disdik di Program SDSM

Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar, memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan yang kini membantu program SDSM.

Berkat peran Disdik, kini program satu masjid yang sebelumnya hanya sekitar 100an masjid yang aktif kini sudah sangat meningkat diatas 200an masjid yang dimakmurkan setiap  harinya.

Progran SDSM yang menjadi salah satu ekstrakurikuler di sekolah menjadi nilai tambah bagi siswa-siswi di sekolah.

Mereka juga akan dibimbing didampingi guru selama melaksanakan program SDSM tersebut.

” Kita berharap kedepan anak-anak kita banyak yang sukses dan makin cerdas dengan adanya progran SDSM ini,” katanya.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BPJS Kesehatan Cabang Tanah Bumbu Kotabaru Berikan Penghargaan Kepada Badan Usaha

28 Mei 2024 - 04:39 WIB

Raih 11 Kali Opini WTP Berturut Turut Bupati Zairullah Azhar Ajak 12 Kepala Daerah Baca Solawat Badar.

7 Mei 2024 - 00:53 WIB

Delegasi Kejari Tanbu, Juara Kategori 5K Internal Jaksa di Adhyaksa Internasional Run 2024

28 April 2024 - 06:31 WIB

BPBD Tanbu kerahkan 20 personil amankan puncak Mappanre Ri Tasi’e

28 April 2024 - 05:25 WIB

Meriahkan Mappanre Ri Tasie, Dinas Perikanan Tanbu Bersama HNSI dan Avian Bagikan Cat

27 April 2024 - 06:04 WIB

PT BIB Buka Seleksi Beasiswa 85 Anak Berprestasi, Kuliah di Institute Teknologi Sains Bandung (ITSB)

25 April 2024 - 06:29 WIB

Trending di Advetorial