Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 5 Okt 2023 05:04 WIB ·

Wakil Bupati dan Kadis PMD Hadiri Penutupan Pelatihan Perangkat Desa Yang Digelar JMSI Tanbu


 Wakil Bupati dan Kadis PMD Hadiri Penutupan Pelatihan Perangkat Desa Yang Digelar JMSI Tanbu Perbesar

BANJARMASIN – Wakil Bupati Tanah Bumbu H Muhammad Rusli dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Samsir hadiri kegiatan penutupan pelatihan Pengelolaan Informasi, Jurnalistik, dan Handel Media untuk Perangkat Desa, sekabupaten Tanah Bumbu.

Kehadiran ini rangkaian penutupan kegiatan yang digelar mulai 6 Oktober sampai 8 Oktober 2023 itu di salah satu hotel di Kota Banjarmasin.

Kepala Dinas PMD Samsir menyampaikan apresiasinya kepada Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) atas pelatihan yang mereka gelar untuk aparatur desa tersebut.

“Dengan adanya bimtek ini, diharapkan kepada semua desa menggunakan website untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait pelayanan publik maupun inovasi dalam memajukan desa,” paparnya.

Menurutnya saat ini, harus menyesuaikan perkembangan zaman dengan begitu cepatnya teknologi, melalui medsos dapat diakses khususnya kegiatan desa.

” Bimtek ini sangat dibutuhkan oleh desa sesuai dengan uu no 6 tahun 2014 tentang desa, majunya suatu desa harus mampu meningkatkan SDM khusus terkait aplikasi karena di medsos semua dapat dilihat,” ucap Samsir.

Sementara itu, sebagai Wakil Bupati Tanah Bumbu H Muhammad Rusli menyampaikan terimakasih kepada semua para peserta yang telah mengikuti kegiatan pelatihan tersebut, dan diharapkan dia melalui kegiatan ini mampu mengembangkan para peserta, dan dapat langsung diimplementasikan baik bagi dirinya, maupun rekan, dan juga masyarakat di desa masing-masing.

“Sehingga dapat mengembangkan potensi dirinya dalam pengelolaan informasi publik, agar lebih transparansif, guna memberikan pelayanan terbaik, dan memudahkan masyarakat,” harap Rusli.

Ditambahkannya, perangkat desa mahir kelola platform digital dan menyampaikan informasi sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat.

Terpisah Ketua JMSI Tanah Bumbu Zainal Hakim, memgatakan kegiatan berjalan lancar dengan menghadirkan narasumber yang memiliki kompetensi di bidangnya untuk memberikan ilmunya kepada para peserta dari aparatur desa dalam membuat karya jurnalistik bagi pengelolaan informasi publik mereka.

“Jadi dalam pelatihan ini kami menghadirkan narasumber, diantaranya yaitu Tokoh Pers Nasional Prof Dahlan Iskan, Jurnalis Senior Kalsel, Toto Fachrudin, Ratna Sari Dewi, perwakilan Polres Tanah Bumbu, dan Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu serta pemateri pengelolaan informasi Publik yakni M Syarifudin dan Murhan,” ungkap ketua JMSI Tanah Bumbu.

Menurutnya tujuan utamanya dari kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan kepada perangkat desa se-Kabupaten Tanah Bumbu dalam pengelolaan informasi publik, seperti website desa, media sosial milik desa.

“Sehingga dibutuhkan pengetahuan dasar jurnalistik dari UU Pers, Etika Pers, Kode Etik Jurnalistik, UU ITE dan juga Edukasi Saber Pungli,” sebutnya. (ril)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BPJS Kesehatan Cabang Tanah Bumbu Kotabaru Berikan Penghargaan Kepada Badan Usaha

28 Mei 2024 - 04:39 WIB

Raih 11 Kali Opini WTP Berturut Turut Bupati Zairullah Azhar Ajak 12 Kepala Daerah Baca Solawat Badar.

7 Mei 2024 - 00:53 WIB

Delegasi Kejari Tanbu, Juara Kategori 5K Internal Jaksa di Adhyaksa Internasional Run 2024

28 April 2024 - 06:31 WIB

BPBD Tanbu kerahkan 20 personil amankan puncak Mappanre Ri Tasi’e

28 April 2024 - 05:25 WIB

Meriahkan Mappanre Ri Tasie, Dinas Perikanan Tanbu Bersama HNSI dan Avian Bagikan Cat

27 April 2024 - 06:04 WIB

PT BIB Buka Seleksi Beasiswa 85 Anak Berprestasi, Kuliah di Institute Teknologi Sains Bandung (ITSB)

25 April 2024 - 06:29 WIB

Trending di Advetorial