Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 25 Sep 2023 04:20 WIB ·

Cemerlang, Ide Bupati Tanah Bumbu Bangun Pendopo


 Cemerlang, Ide Bupati Tanah Bumbu Bangun Pendopo Perbesar

BATULICIN, Advetorial Khusus – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) saat ini melakukan pembangun pendopo.

Bangunan pendopo terletak di areal kantor Bupati Tanah Bumbu di Jalan Dharma Praja Kelurahan Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin.

Kepala Dinas PUPR setempat, Hernadi Wibisono mengatakan pembangunan pendopo ini merupakan ide dari Bupati Tanah Bumbu, dr HM Zairullah Azhar.

Menurut Hernadi, Bupati Tanah Bumbu ingin pemerintah daerah memiliki bangunan yang luas dengan kapasitas besar dan mampu menampung ribuan orang.

“Kita perkirakan pendopo ini bisa menampung lebih dari lima ribu orang,” terang dia di ruang kerjanya kantor Dinas PUPR Pemkab Tanah Bumbu, Jumat (22/9/2023).

Hernadi memastikan, dengan kapasitas bangunan pendopo menampung ribuan orang, saat ada kegiatan besar Pemkab Tanah Bumbu tidak perlu lagi menyewa tenda yang menguras biaya besar.

“Tentu dengan adanya bangunan pendopo ini akan jauh lebih efektif dan efisien terhadap anggaran saat menggelar acara,” yakin dia.

Lebih lagi, bangunan pendopo dibuat dengan gaya semi indoor atau bangunan beratap namun tanpa dinding.

“Tidak perlu ada mesin pendingin (AC) saat ada kegiatan, jadi lebih hemat anggaran,” ucap dia.

Hernadi menyebutkan, hampir setiap bulan ada kegiatan pemerintah daerah yang harus dilaksanakan di kantor Bupati Tanah Bumbu.

Namun, karena tidak memiliki bangunan yang mampu menampung orang dengan jumlah besar, terpaksa digelar di halaman kantor Bupati Tanah Bumbu.

“Nantinya, setiap kegiatan acara Pemkab Tanah Bumbu akan difokuskan di bangunan pendopo, sedangkan halaman kantor yang luas khusus tempat parkir kendaraan.

Pembangunan Segera Rampung

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR setempat, Amruddin memastikan Pembangunan Pendopo Kantor Bupati Tanah Bumbu saat ini progress penyelesaiannya sudah mencapai 95 persen rampung.

“Kita harapkan akhir bulan September 2023 ini rampung 100 persen,” hatap dia.

Dibeberkan Amruddin, Pembangunan Pendopo Kantor Bupati Tanah Bumbu ini menguras anggaran daerah dengan nilai kontrak Rp 6,5 Miliyar dengan pelaksana pekerjaan CV Sipakatuo.

 

Amruddin menambahkan, bangunan Pendopo Kantor Bupati Tanah Bumbu dibangun dengan model bangunan palimasan bergaya moder.

“Konstruksi rangka baja berat jadi sangat kokoh,” sebut dia.

Kemudian, luas bangunan dengan lebar 36 meter dan panjang 73 meter serta tinggi bangunan 9 meter.

“Lantai berbahan granit untuk memberi kesan mewah,” lanjut dia.

Selain itu, Pendopo Kantor Bupati Tanah Bumbu terpasang plafon PVC berwarna putih dengan dihiasi lampu minimalis dan kipas angin gantung.

Artikel ini telah dibaca 39 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Raih 11 Kali Opini WTP Berturut Turut Bupati Zairullah Azhar Ajak 12 Kepala Daerah Baca Solawat Badar.

7 Mei 2024 - 00:53 WIB

Delegasi Kejari Tanbu, Juara Kategori 5K Internal Jaksa di Adhyaksa Internasional Run 2024

28 April 2024 - 06:31 WIB

BPBD Tanbu kerahkan 20 personil amankan puncak Mappanre Ri Tasi’e

28 April 2024 - 05:25 WIB

Meriahkan Mappanre Ri Tasie, Dinas Perikanan Tanbu Bersama HNSI dan Avian Bagikan Cat

27 April 2024 - 06:04 WIB

PT BIB Buka Seleksi Beasiswa 85 Anak Berprestasi, Kuliah di Institute Teknologi Sains Bandung (ITSB)

25 April 2024 - 06:29 WIB

ASDP Ferry Batulicin Mulai Uji Coba Penerapan Pembelian Tiket Berbasis Website

24 April 2024 - 06:09 WIB

Trending di Advetorial