Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 22 Sep 2023 01:16 WIB ·

Polemik Batas Desa Kelurahan, Samsir Pastikan 161 Desa Kelurahan di Tanbu Selesai Diakhir 2023


 Polemik Batas Desa Kelurahan, Samsir Pastikan 161 Desa Kelurahan di Tanbu Selesai Diakhir 2023 Perbesar

BATULICIN – Sebanyak 161 desa Kelurahan di Kabupaten Tanah Bumbu, bakal ada penegasan batas desa yang belakangan terus diperdebatkan.

Pasalnya, di tahun 2023, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tanah Bumbu(Tanbu) targetkan penegasan batas desa yang akan disahkan oleh Badan Informasi Geosfesial (BIG) Bogor.

Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar diakhir kepemimpinan di tahun 2024, menargetkan penetapan dan penegasan batas desa sudah selesai disahkan oleh Badan Informasi Geosfesial (BIG)di Bogor.

Hal ini sangat penting untuk segera diselesaikan karena desa adalah wilayah dan mempunyai kewenangan yang jelas sehingga ini menjadi target prioritas dalam kepemimpinan Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar dan meminta dinas PMD untuk menyelesaikan di tahun ini.

Kepala Dinas PMD setempat, Samsir, Rabu (22/9/2023) ketika dikonfirmasi melalui telpon selulernya mengatakan bahwa memang benar sesuai arahan dan dukungan Bupati Tanah bumbu dr HM Zairullah Azhar, agar dapat diselesaikan di tahun ini juga.

Untuk diketahui, jumlah desa di kabupaten tanah Bumbu sudah memiliki SK Bupati Tanah Bumbu, namun ketika ada regulasi permendagri nomor 45 tahun 2016 tentang pedoman penetapan dan penegasan batas desa, harus ada tambahan pengesahan dari BIG.

” Regulasi ini mewajibkan desa mendapatkan pengesahan dari BIG, tujuannya untuk melakukan penetapan dan penegasan batas desa untuk menciptakan tertib administrasi pemerintahan, memberikan kejelasan dan kepastian hukum terhadap batas wilayah suatu desa yang memenuhi aspek tekhnis dan yuridis,” katanya

Penetapan dan penegasan batas desa ini juga menjadi acuan dalam penataan desa dan evaluasi Perkembangan desa dan kelurahan.

Samsir optimis menyelesaikan penetapan penegasan batas desa itu, sesuai target.

” Kami yakin bisa menyelesaikan ini dengan bekerjasama dengan pihak ketiga, sehingga kami targetkan awal Desember 2023 sudah selesai semua,” pungkas Samsir.

Adapun jumlah desa, yakni sebanyak 171 desa dan desa persiapan yang sudah diselesaikan tahun 2022 sebanyak 15 desa sehingga desa yang belum sebanyak 156 desa dan 5 Kelurahan total seluruhnya 161 Desa/Kelurahan.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BPJS Kesehatan Cabang Tanah Bumbu Kotabaru Berikan Penghargaan Kepada Badan Usaha

28 Mei 2024 - 04:39 WIB

Raih 11 Kali Opini WTP Berturut Turut Bupati Zairullah Azhar Ajak 12 Kepala Daerah Baca Solawat Badar.

7 Mei 2024 - 00:53 WIB

Delegasi Kejari Tanbu, Juara Kategori 5K Internal Jaksa di Adhyaksa Internasional Run 2024

28 April 2024 - 06:31 WIB

BPBD Tanbu kerahkan 20 personil amankan puncak Mappanre Ri Tasi’e

28 April 2024 - 05:25 WIB

Meriahkan Mappanre Ri Tasie, Dinas Perikanan Tanbu Bersama HNSI dan Avian Bagikan Cat

27 April 2024 - 06:04 WIB

PT BIB Buka Seleksi Beasiswa 85 Anak Berprestasi, Kuliah di Institute Teknologi Sains Bandung (ITSB)

25 April 2024 - 06:29 WIB

Trending di Advetorial