Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 31 Agu 2023 01:36 WIB ·

Bupati Tanah Bumbu Soroti Jalan Alternatif Satui, PUPR Langsung Turunkan Alat


 Bupati Tanah Bumbu Soroti Jalan Alternatif Satui, PUPR Langsung Turunkan Alat Perbesar

BATULICIN, Neswkalsel.com – Jalan Nasional KM 171 Satui Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, akan ditangani Pemerintah Pusat di 2024 mendatang.

Sementara untuk Jalan Alternatifnya sepanjang 1,7 KM dari 170 sampai 171 tersebut, Pemerintah Daerah fokus memperbaiki jalan tersebut.

Hal ini disampaikan Bupati Tanah Bumbu dr Zairullah Azhar di ruang rapatnya, dihadapan awak media, Kamis (31/8/2023).

 

” Untuk jalan alternatif ini, Pemda menggelontorkan Rp 2 miliar lebih untuk pengaspalan jalan alternatif km 170 di Kecamatan Satui itu agar mobilisasi di Jalan Nasional ini bisa lancar, ” sebut Zairullah.

Sehingga permasalahan kelancaran jalur lalu lintas yang kerap menghambat mobilisasi bisa teratasi dengan segera. Zairullah juga menjamin dalam sepekan jalur itu sudah mulus.

Terkait adanya insiden di jalur alternatif tersebut, ia menegaskan kebijakan ini tak terkait dengan insiden kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sejumlah truk dan mobil sehingga menghambat arus lalu lintas.

Namun kebijakan ini sudah menjadi program pemerintah kabupaten di APBD perubahan yang sudah diketuk.

Sumber pendanaan untuk pengaspalan jalan alternatif itu, lanjut Zairullah, anggarannya dari belanja tak terduga pemkab. Namun jika anggaran itu tak mencukupi akan ditambah dan disesuaikan lagi.

Dia berharap permasalahan ini segera teratasi dalam waktu dekat ini sehingga arus yang menjadi jalur satu-satunya menuju ibukota negara di Penajam bisa lancar.

Masyarakat juga harus paham, karena ini bukan kewenangan daerah tetapi pusat dan pemda terus berupaya mengatasi persoalan ini dan bolak balik ke Jakarta dan juga melibatkan perusahaan yang turut membantu penanganan sementara.

” Sesuai informasi dari Pemerintah Pusat yang kami terima, program strategis Nasional bahwa tahun depan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 34,29 Triliun, termasuk KM 171 ini dan perlu anggaran sekitar 250 Miliar, ” bebernya.

Terkait adanya tudingan dan hujatan di media sosial oleh nitizen yang ditujukan kepada dirinya dan pemkab terkait lambannya penanganan km 170 ini, Zairullah berharap masyarakat lebih bijak dalam bermedsos. Sebab, sesuai dengan slogan kabupaten Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah tak diajarkan sikap seperti itu.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR setempat Hernadi Wibisono mengaku siap merealisasikan instruksi bupati. Bahkan pihaknya saat ini sudah action menerjunkan alat berat di jalur alternatif.

” Hari ini kami langsung turunkan alat ke lokasi jalan alternatif, ” katanya.

Terpisah, Kapolsek Satui, AKP Hardaya menyambut baik rencana perbaikan dan

pengaspalan jalan alternatif km 170. Ia berharap selama proses perbaikan jalan.

” Masyarakat harus terus meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran dalam berlalu lintas saat melintasi jalan alternatif tersebut gar bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan. Selalu tertib dan tidak mendahulu kendaraan didepannya mengingat kondisi jalan yang masih belum mulus, ” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 114 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Raih 11 Kali Opini WTP Berturut Turut Bupati Zairullah Azhar Ajak 12 Kepala Daerah Baca Solawat Badar.

7 Mei 2024 - 00:53 WIB

Delegasi Kejari Tanbu, Juara Kategori 5K Internal Jaksa di Adhyaksa Internasional Run 2024

28 April 2024 - 06:31 WIB

BPBD Tanbu kerahkan 20 personil amankan puncak Mappanre Ri Tasi’e

28 April 2024 - 05:25 WIB

Meriahkan Mappanre Ri Tasie, Dinas Perikanan Tanbu Bersama HNSI dan Avian Bagikan Cat

27 April 2024 - 06:04 WIB

PT BIB Buka Seleksi Beasiswa 85 Anak Berprestasi, Kuliah di Institute Teknologi Sains Bandung (ITSB)

25 April 2024 - 06:29 WIB

ASDP Ferry Batulicin Mulai Uji Coba Penerapan Pembelian Tiket Berbasis Website

24 April 2024 - 06:09 WIB

Trending di Advetorial