Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 30 Agu 2023 01:50 WIB ·

Ketua KPU Tanbu Sempat Diculik, Tim Pengamananan Polres dan Brimob Berhasil Menyelamatkan


 Ketua KPU Tanbu Sempat Diculik, Tim Pengamananan Polres dan Brimob Berhasil Menyelamatkan Perbesar

BATULICIN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu hampir bernasib buruk lantaran sempat diculik oleh oknum yang tidak diketahui identitasnya.

Namun, aksi penculikan tersebut berhasil digagalkan oleh tim pengamanan Personil Polres Tanah Bumbu dan Brimob Batalyon A Batulicin dan anggota TNI setempat.

Tiga pelaku penculikan berhahasil dihemtikan dan ditembak mati oleh petugas.

Begitulah simulasi yang dilakukan jajaran Polres Tanah Bumbu dan Brimob Batalyon A Batulicin dalam acara Simulasi Sispamkota Pemilu yang dilaksanakam dilapangan Polres Tanah Bumbu, Rabu (30/8/2023) pagi.

Peragaan simulasi personel Polres Tanah Bumbu dan Brimob Batalyon A Batulicin saat itu menggunakan pakaian antihuru hara dan kendaraan taktis serta memperagakan teknik penanganan massa unjuk rasa yang bertindak anarkis di Kantor KPU Tanah Bumbu.

“Simulasi sistem pengamanan kota ini sebagai upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi situasi kerawanan yang mungkin terjadi saat pelaksanaan pemilu nanti,” kata Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Tri Hambodo SIK krpada media usai kegiatan Sispamkota dilaksanakan.

Simulasi Sispamkota tersebut melibatkan berbagai instansi, yakni personel Polri dan TNI, Brimob Batalyon A Batulicin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanah Bumbu serta masyarakat sekitar.

Dalam peragaan Sispamkota tersebut, sejumlah simulasi pengamanan pemilu diperagakan, di antaranya pendistribusian logistik yang diskenariokan sempat mendapat gangguan dan ancaman dari orang tidak dikenal, namun dengan sigap tim pengamanan berhasil mengatasi berbagai gangguan itu.

” Simulasi Sispamkota itu merupakan uji kemampuan dalam mengendalikan massa yang mengganggu pelaksanaan pemilu,” ungkapnya.

Latihan sistem pengamanan kota itu perlu dilakukan secara berkelanjutan dalam rangka menguji kesiapsiagaan personel kepolisian, khususnya di wilayah hukum Polres Tanah Bumbu agar dapat memahami tugas masing-masing.

“Semua itu latihan, kalau memang kejadiannya seperti itu, personel kita sudah siap, tapi mudah-mudahan kejadian seperti itu tidak terjadi pada Pemilu mendatang di Tanah Bumbu,” harap Kapolres

Dia mengatakan, untuk simulasi Simpamkota ini pihaknya melibatkan 250 personel yang terdiri dari Polres, Polsek dan Brimob serta 250 masyarakat untuk berperan memperagakan simulasi ini.

Simulasi itu disaksikan Forkopimda dan Ketua KPU Tanah Bumbu, Puryadi.

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bangun Gedung MPP dan Kantor Bappeda-Libang, Pemkab Tanbu Target Selesai Tahun Ini

25 Juni 2024 - 05:15 WIB

Komitmen Pemkab Tanah Bumbu Capai Target Turunkan Angka Stunting

20 Juni 2024 - 04:59 WIB

Usai Slat Ied, Lapas Batulicin Potong Tujuh Ekor Hewan Kurban dan Dagingnya Dibagikan ke Warga

17 Juni 2024 - 01:56 WIB

Zairullah Azhar Gelar Open House Setelah Shalat Idul Adha 1445 Hijriyah

17 Juni 2024 - 01:55 WIB

Kodim 1022/Tanbu Potong 8 Sapi Kurban Untuk di Bagikan ke Kaum Duafa dan Fakir Miskin

17 Juni 2024 - 01:54 WIB

PT. Air Minum Bersujud Sumbangkan Hewan Qurban untuk Masyarakat Sekitar

17 Juni 2024 - 01:53 WIB

Trending di Advetorial