Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 20 Agu 2023 01:47 WIB ·

Kadis PMD Buka Bimtek BPD dan Bumdesa, Juga Ingatkan Pentingnya Pengelolaan Bumdesa


 Kadis PMD Buka Bimtek BPD dan Bumdesa, Juga Ingatkan Pentingnya Pengelolaan Bumdesa Perbesar

BATULICIN – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sekecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu, mendapatkan bimbingan teknik (bimtek).

Yang mana kegiatan itu digelar selama tiga hari dari 20 hingga 22 Agustus 2023 bertempat di Hotel Ebony Batulicin, yang resmi dibuka Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) setempat, Samsir mewakili Bupati Tanah Bumbu serta dihadiri Camat Sungai Loban, Agus Salim.

Kegiatan Bimtek tersebut diselenggarakan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Bukan hanya BPD, tetapi juga Pengurus Bumdesa juga dilibatkan dalam mengetahui hal-hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh.

Saat membuka acara, Kepala Dinas PMD Tanbu, Samsir menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan Bimtek BPD dan Bumdesa tersebut.

” Semoga peserta nantinya dapat menambah pengetahuan terkait dengan tugas dan Fungsi BPD dan upaya peningkatan Bumdesa, ” kata Samsir, Minggu (20/8/2023).

Sebab, hal ini sangat penting dalam rangka membangun Desa untuk menjadikan desa Maju dan mandiri.

BPD, lanjut Samsir, mempunyai peranan sangat penting dalam membuat regulasi bersama kepala desa, menyerap aspirasi masyarakat serta melakukan pengawasan dan monitoring terhadap kegiatan di desa dan serta pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa.

Begitu juga dengan Penguatan Bumdesa merupakan bagian yang sangat strategis. Bumdesa apabika dikelola dengan baik, maka Bumdesa dapat memberikan konstribusi bagi Pendapatan Asli Desa, dan ini sangat berpeluang untuk dikelola dengan baik.

” Mari kita berpikir bersama-sama bahwa Bumdesa lah yang mempunyai potensi untuk dikelola dengan baik. Melalui Bimtek ini peserta nantinya dapat menanyakan langsung kepada narasumber tentang pengelolaan Bumdes,” pungkas Samsir.

Sementara itu, Ketua BKAD Rauf Pikum juga menyampaikan bahwa Bimtek ini dalam rangka silaturahmi dan meningkatkan pengetahuan BPD.

” Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan aspirasi BPD dan Bumdesa, mudah-mudahan ke depan terus dapat kita laksanakan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BPJS Kesehatan Cabang Tanah Bumbu Kotabaru Berikan Penghargaan Kepada Badan Usaha

28 Mei 2024 - 04:39 WIB

Raih 11 Kali Opini WTP Berturut Turut Bupati Zairullah Azhar Ajak 12 Kepala Daerah Baca Solawat Badar.

7 Mei 2024 - 00:53 WIB

Delegasi Kejari Tanbu, Juara Kategori 5K Internal Jaksa di Adhyaksa Internasional Run 2024

28 April 2024 - 06:31 WIB

BPBD Tanbu kerahkan 20 personil amankan puncak Mappanre Ri Tasi’e

28 April 2024 - 05:25 WIB

Meriahkan Mappanre Ri Tasie, Dinas Perikanan Tanbu Bersama HNSI dan Avian Bagikan Cat

27 April 2024 - 06:04 WIB

PT BIB Buka Seleksi Beasiswa 85 Anak Berprestasi, Kuliah di Institute Teknologi Sains Bandung (ITSB)

25 April 2024 - 06:29 WIB

Trending di Advetorial