Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 15 Agu 2023 04:56 WIB ·

Komitmen Zairullah Tingkatkan Layanan Air Bersih, Tahun Ini Bangun 6 Jaringan di PDAM Bersujud


 Komitmen Zairullah Tingkatkan Layanan Air Bersih, Tahun Ini Bangun 6 Jaringan di PDAM Bersujud Perbesar

BATULICIN,NEWSKALSEL.COM Advetorial Khusus – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dibawah kepemimpinan Bupati dr HM Zairullah Azhar dan Wakil Bupati Muhammad Rusli, berkomitmen untuk memberikan pelayanan air bersih kepada semua masyarakat Tanah Bumbu.

Proses pelayanan air bersih itu akan dilaksanakan secara bertahap agar menyeluruh dirasakan masyarakat di Bumi Bersujud ini.

Pelayanan air bersih kepada masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) ditargetkan pada beberapa tahun mendatang sudah rampung semua, sehingga masyarakat perkotaan dan perdesaan bisa terlayani dalam mendapatkan air bersih.

Saat ini pelayanan air bersih di PDAM Bersujud Tanah Bumbu belum maksimal. Dari jumlah total penduduk yang ada masih banyak yang belum terlayani.

Kendati demikian, proses pipanisasi terus digenjot untuk pendistribusian air bersih ke semua wilayah di Bumi Bersujud Tanah Bumbu Menuju Serambi Madinah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat, Hernadi Wibisono melalui Kepala Bidang Cipta Karyanya, Amruddin, Jumat (25/8/2023) menyebutkan tahun ini kembali membangun sejumlah kelompok pengelolaam Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Disebutkannya, untuk peningkatan pelayanan dasar air bersih kepada masyarakat, setiap tahunnya Tanah Bumbu mendapatkan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat.

Dalam pelayanan peningkatan air bersih ini, rencana bisnisnya ke depan PDAM bertugas selaku operatornya, sementara Dinas PUPR dalam hal ini bagian Cipta Karya hanya membangun jaringan induk, sekunder, tersier dan langsung tersambung kepada masyarakat.

” Tahun ini, kita dapat anggaran dari DAK pembangunan fisik bidang air minum yang nilainya sebesar Rp 10 Miliar, ” beber Amru.

Dari anggaran tersebut, PUPR menambah bangunan di antaranya tambahan SPAM yaitu di Kecamatan Kuranji, Angsana dan Kusan Tengah.

Sementara pipanisasi distribusi air, masing-masing panjang pipa sekundernya kurang lebih 6000 hingga 8000 meter.

” Di Angsana kita membangun instalasi pengolahan air lagi dengan kecepatan 30 liter per detik. Di Angsana ini sudah ada namun kita menambah untuk distribusi di Puskesmas Satui Barat, ” katanya.

Proses pengerjaan pembangunan fisik saat ini disebutkan Amru, sudah mencapai 24 persen dan proses terus berjalan.

Tahun Depan Target 2000 SR

Tingkat layanan air bersih di PDAM Bersujud terus dimaksimalkan.

Capaian sambungan rumah (SR) di Kabupaten Tanah Bumbu ini sudah sebanyak 35.533 SR dengan total keseluruhan kapasitas distribusi air 665 liter perdetik.

Secara administrasi, capaian distribusi air sudah mencapai 41 persen dan secara wilayah sudah mencapai 61 persen.

” Tahun depan di 2024, kita akan menambah 2000 SR di Bumi Bersujud ini, ” ungkap Direktur PDAM Bersujud, Abdul Hafiz.

Untuk penambahan itu akan dilakukan lantaran tahun 2023 ini Pemerintah Daerah melalui Dinas PUPR mendapatkan bantuan DAK dengan total 6 pekerjaan fisik.

Enam pembangunan itu yaitu,
1. Pembangunan Jaringan Distribusi Sungai Loban di Wanasari,
2. Pembangunan IPA Angsana 30 liter per detik,
3. Pengembangan jaringan kecamatan Satui di Sekapuk,
4. Pengembangan Jaringan Distrubusi di Kusan Tengah Desa Sepunggur
5. Pengembangan Jaringan Distribusi kecamatan Kuranji desa Giri mulya
6. Pengembangan Jaringan kecamatan Kuranji di desa mustika.

” DAK ini sifatnya adalah penambahan jaringan, artinya sudah ada pipa distribusi disana, tinggal menambah dan menyambung untuk menyasar desa mana yang akan dilakukan sambungan dengan syarat jaringan sudah ada,” katanya.

Abdul Hafiz bersyukur, karena Pemerintah Daerah sangat mendukung program penyedian air minum untuk masyarakat Tanah Bumbu, melalui Dinas PUPR.

” Alhamdulillah dengan bantuan Pemda, kita terus mendapatkan bantuan penambahan jarjngan cakupan pelayanam air bersih ke masyarakat. DAK ini sangat membantu pengembangan layanan air bersih, ” katanya.

Adanya penambahan jaringan pipa air baku dari Instalasi Pengolahan dan distribusi Karang Bintang ke Instalasi Pengolahan Sarigadung, terang saja sangat membantu distribusi air sampai dengan Gunung Tinggai, Segumbang yang jaraknya 35 KM.

” Semua kecamatan sudah memiliki instalasi pengolahan air, artinya tinggal penambahan untuk memaksimalkan pelayanan. Ini berkat sinergi PDAM dan PUPR melalui Bidang Cipta Karya, ” bebernya.

Sekadar diketahui, SPAM Karang Bintang berkapasitas 80 liter perdetik, Sarigadung kapasitas 260 liter perdetik dan total 340 liter perdetik.

IPA Kusan Hilir berkapasitas 100 liter perdetik, Sungai Danau 85 liter perdetik, Angsana kapasitas 20 liter perdetik, dan tahun ini bantuan DAK tahun 2023 ditambah dengan kapasitas 30 liter perdetik.

Sungai Loban kapasitas 20 liter perdetik, IKK Mantewe 20 liter perdetik, IKK Kuranji 20 liter perdetik, IKK Teluk Kepayang 20 liter perdetik, IKK Bakarangan Kusan Hulu 10 liter perdetik.

Total keseluruhannya adalah sebesar 665 liter perdetik.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Guru Wildan Himbau Warga Kalsel Ciptakan Pemilu Damai Dan Pilih Prabowo Gibran

9 Februari 2024 - 07:13 WIB

Camat Simpang Empat Hadiri Peringatan Isra Miraj di Ponpes Alasmaul Husna

29 Januari 2024 - 23:13 WIB

Pemkab Tanah Bumbu Gandeng Mitra Kerja dan CSR, Tekan Angka Stunting

29 Januari 2024 - 23:12 WIB

Sebanyak 1275 PPPK Menunggu SK, Kepala BKPSDM Tanbu Sebut Masih Proses Pengusulan NIP

28 Januari 2024 - 00:03 WIB

Studi Mekanisme Pembahasan Penjadwalan LHP BPK, Banmus DPRD Tanbu Kunker ke Kabupaten PPU

27 Januari 2024 - 23:15 WIB

BPS dan KominfoTanbu, Ekspose Nilai Tukar Petani

26 Januari 2024 - 00:10 WIB

Trending di Advetorial