Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 8 Agu 2023 06:19 WIB ·

Pemkab Tanbu Gelar Apel Siaga Bencana


 Pemkab Tanbu Gelar Apel Siaga Bencana Perbesar

BATULICIN – Sejumlah daerah di Kabupaten Tanah Bumbu masuk kategori rawan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Di antaranya daerah yang rawan adalah Kecamatan Mantewe, Kusan Hulu, Kusan Hilir dan Kecamatan Kusan Tengah.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten setempat, Dr H Ambo Sakka didampingi Forkopimda, usai Apel Siaga Bencana Karhutla dilapangan Kantor Bupati Tanah Bumbu, Selasa (8/8/2023) sore.

” Di daerah itu sangat riskan sekali, makanya kita perlu lakukan pencegahan dan kebersamaan dalam penanganan karhutla ini, ” katanta.

Dalam hal ini, lanjut Sekda, semua pihak juga harus terlibat, bukan hanya dari BPBD, TNI Polri, Pemadam Kebakaran hingga pihak perusahaan.

Apel ini dilaksanakam sebagai upaya bersama agar bisa menangani karhutla, karena bencana yang satu ini bisa dicegah secara bersama-sama.

” Kalau karhutla ini kan bisa dicegah, beda dengan bencana alam lainnya seperti banjir longsor, tidak bisa diprediksi. Kalau karhutla, selama kita bersama dan komitmen, karhutla pasti bisa dicegah, ” jelas Ambo.

Sebab itu, dalam apel siaga bencana Karhutla ini, saat menjadi pembina apel, ia menekankan tiga hal untuk menghindari kebakaran dan penanganan bencana kabut asap akibat karhutla itu.

” Pertama, kita harus tingkatkan sinergitas karena menangani bencana perlu kebersamaan semua unsur dan poin kedua, yakni Deteksi Dini, ” katanya.

Selain itu, adalah kesiapsiagaan. Pemerintah Daerah, BPBD bersama TNI Polri, dan semua pihak, siap untuk siaga menghadapi karhutla.

” Walau dengan alat sederhana bila ditangani sebaik mungkin, pasti bisa tertangani, ” katanya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Tanbu, Sulhadi, menambahkan, kesiapan dari para personil sudah siap dalam penanganan ini. Semua kecamatan juga sudah melaksanakam apel siaga serempek di 12 kecamatan.

” Semua kecamatan bersama lintas sektoral siap bekerjasama untuk penanganan bencana karhutla di Kabupaten Tanah Bumbu, ” tandasnya.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Raih 11 Kali Opini WTP Berturut Turut Bupati Zairullah Azhar Ajak 12 Kepala Daerah Baca Solawat Badar.

7 Mei 2024 - 00:53 WIB

Delegasi Kejari Tanbu, Juara Kategori 5K Internal Jaksa di Adhyaksa Internasional Run 2024

28 April 2024 - 06:31 WIB

BPBD Tanbu kerahkan 20 personil amankan puncak Mappanre Ri Tasi’e

28 April 2024 - 05:25 WIB

Meriahkan Mappanre Ri Tasie, Dinas Perikanan Tanbu Bersama HNSI dan Avian Bagikan Cat

27 April 2024 - 06:04 WIB

PT BIB Buka Seleksi Beasiswa 85 Anak Berprestasi, Kuliah di Institute Teknologi Sains Bandung (ITSB)

25 April 2024 - 06:29 WIB

ASDP Ferry Batulicin Mulai Uji Coba Penerapan Pembelian Tiket Berbasis Website

24 April 2024 - 06:09 WIB

Trending di Advetorial