Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 28 Jul 2023 06:36 WIB ·

Bapenda Tanbu Launching Aplikasi SiRadar


 Bapenda Tanbu Launching Aplikasi SiRadar Perbesar

BATULICIN,Newskalsel.com – Dalam upaya meningkatkan konsep Good Governance, maka sistem aplikasi atau inovasi dianggap penting.

Terutama untuk menghindari terjadinya kebocoran penerimaan retribusi serta kurangnya transparansi atas pengelolaan pendapatan retribusi daerah.

Maka Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Tanah Bumbu melakukan sosialisasi sekaligus Launching Aplikasi Sistem Retribusi Pemerintah Daerah (SiRadar), Jumat (28/7/2023) di Mahligai Bersujud.

Kegiatan di ikuti 78 bendahara penerimaan dan operator penginputan
dari 15 SKPD penghasil dan 14 unit Puskesmas.

Kepala Bapenda Eryanto Rais melalui Kabid Pengelolaan Pendapatan Henry Kesumajaya mengatakan aplikasi SiRadar ini bertujuan untuk mengoptimalisasikan sistem pencatatan retribusi.

Disamping itu akan memudahkan bendahara penerimaan pada masing- masing SKPD penghasil untuk melaporkan penerimaan pendapatan daerah. Sehingga dalam penyetoran ke Kas Daerah dapat di lihat secara online dan realtime realisasinya dalam bentuk dashboard.

“Saat launching, bendahara melakukan uji coba penginputan penerimaan daerah pada menu terbayar dan di lanjutkan upload bukti pembayaran sebelumnya. Sehingga penerimaan daerah sebelum adanya SiRadar pada tahun 2023 terakomodir secara menyeluruh,” Ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk merekam penerimaan retribusi per hari ke dalam Surat Tanda Setoran (STS) sehingga terbentuk id-billing atau Virtual Account (VA). Surat Tanda Setoran (STS) yang merupakan media penyetoran Bendahara Penerimaan ke Bank (RKUD).

“Aplikasi ini merupakan hasil kerjasama Bapenda dengan PT Mitra Prima Utama sebagai pihak penyedia aplikasi. Serta Bank Kalsel dan Bank BRI sebagai Bank kas daerah,” Tutupnya.

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Raih 11 Kali Opini WTP Berturut Turut Bupati Zairullah Azhar Ajak 12 Kepala Daerah Baca Solawat Badar.

7 Mei 2024 - 00:53 WIB

Delegasi Kejari Tanbu, Juara Kategori 5K Internal Jaksa di Adhyaksa Internasional Run 2024

28 April 2024 - 06:31 WIB

BPBD Tanbu kerahkan 20 personil amankan puncak Mappanre Ri Tasi’e

28 April 2024 - 05:25 WIB

Meriahkan Mappanre Ri Tasie, Dinas Perikanan Tanbu Bersama HNSI dan Avian Bagikan Cat

27 April 2024 - 06:04 WIB

PT BIB Buka Seleksi Beasiswa 85 Anak Berprestasi, Kuliah di Institute Teknologi Sains Bandung (ITSB)

25 April 2024 - 06:29 WIB

ASDP Ferry Batulicin Mulai Uji Coba Penerapan Pembelian Tiket Berbasis Website

24 April 2024 - 06:09 WIB

Trending di Advetorial