Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 19 Jul 2023 01:10 WIB ·

Cuaca BPBD Tanbu Gelar Pelatihan Penanggulanan Bencana Banjir


 Cuaca BPBD Tanbu Gelar Pelatihan Penanggulanan Bencana Banjir Perbesar

BATULICIN,Newskalsel.com – Cuaca di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan sedang kurang bersahabat, hujan dan angin kencang masih melanda.

Menanggapi itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu, menggelar pelatihan tanggap darurat dengan melibatkan aparat desa.

Kegiatan pelatihan tersebut dilaksankan selama 4 hari dari Kamis hingga minggu (20-23/7/2023), dengan melibatkan intsruktur dari Basarnas, Kodim 1022, Polres dan BPBD Provinsi Kalsel.

Pelatihan tersebut dibuka secara langsung oleh Staf Ahli bupati, H Mukhlis di halaman kantor BPBD Tanah Bumbu, Kamis (20/7/2023) pagi.

Menurut Mukhlis, di Tanah Bumbu saat ini cuaca tidak menentu, sehingga harus selalu sigap dalam melaksanakan tugas, terutama BPBD sebagai garda terdepan.

Ketika terjadi bencana, kata Mukhlis maka BPBD yang terdepan untuk tanggap bencana pertolongan pertama sehingga bekal teknik menghadapi bencana dimiliki melalui pelatihan ini.

” Peserta yang ikut pelatihan diharapkan bisa mengikuti kegiatan itu dengan baik dan bisa menghasilkan relawan yang tangguh, ” katanya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu, Sulhadi, menyebutkan kegiatan pelatihan ini dalam rangka mitigasi dan kesiapsiagaan para teman relawan, seandainya terjadi bencana mereka sudah siap menghadapinya.

” Cuaca kita lihat saat ini hujan terus dan kita laksanakan pelatihan ini sebagai pembekalan kepada relawan dengan melibatkan aparat desa tiga kecamatan daerah rawan banjir,” katanya.

Selama pelatihan, mereka dilatih untuk penanganan awal dan peserta melaksanakan pertolongan pertama dalam peristiwa kebencanaan.

” Setiap desa, kami tempatkan orang-orang yang sudah paham terutama didaerah rawan banjir seperti bantaran sungai, ” katanya.

Banjir saat ini merupakan bencana yang paling rawan dan tahap pertama ini melibatkan aparat desa yang menangani kebencanaan ditiga kecamatan yaitu Batulicin, Kusan Tengah dan Kusan Hilir.

” Kita akui untuk Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru, memang berbeda dengan 13 Kabupaten Kota di Kalimantan Selatan. Cuaca ditempat kita masih belum aman. Makanya kita adakan pelatihan agar selalu siap, ” pungkasnya.

Sekadar diketahui, kegiatan juga dihadiri perwakilan Kodim 1022, Polres, Satpol PP dan Lurah Batulicin.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Galakkan Tradisi Anak Membasuh Kaki Orang Tua, Upaya Pemkab Tanbu Lahirkan Anak Bakti

21 Maret 2024 - 13:01 WIB

Galakkan Tradisi Anak Membasuh Kaki Orang Tua, Upaya Pemkab Tanbu Lahirkan Anak Bakti

21 Maret 2024 - 12:23 WIB

Renovasi Kubah Pagatan Akhirnya Telah Rampung, Usai Lebaran Bakal Diresmikan Bupati Tanbu

20 Maret 2024 - 12:28 WIB

Pemkab Tanah Bumbu Apresiasi Turnamen Mini Soccer, Ramadhan Cup Besutan JG-Andifa Group

20 Maret 2024 - 12:27 WIB

Dirjen Badilum Mahkamah Agung RI Resmikan Renovasi Musala Al Hakim Pengadilan Negeri Batulicin

20 Maret 2024 - 12:25 WIB

Sukses Amankan Jalannya Pemilu 2024, ini Profil AKBP Arief Prasetya sosok Kapolres Tanbu yang sederhana

20 Maret 2024 - 12:24 WIB

Trending di Advetorial