Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 15 Jul 2023 01:32 WIB ·

Debit Air di Kusan Hulu Meninggi, Program Peninggian Rumah dari Pemkab Berhasil


 Debit Air di Kusan Hulu Meninggi, Program Peninggian Rumah dari Pemkab Berhasil Perbesar

BATULICIN,Newskalsel.com – Beberapa hari belakangan, cuaca sedang tidak stabil dengan seringnya hujan turun yang mengakibatkan debit air sungai di Desa Lasung Kecamatan Kusan Hulu, naik.

Camat Kusan Hulu, H Abdul Jabar, pun langsung meninjau sejumlah wilayah di antaranya Anjir Baru dan Lasung, dan juga tampak BPBD Kabupaten serta aparat desa, memantau situasi debit air yang masih terbilang aman.

Debit air memang sempat naik namun mulai turun dan banjir rumah warga yang biasanya air masuk kedalam rumah, menurut pantauan media ini, kini sebagian besar sudah tidak lagi, hanya sebagian rumah yang masih nelum terkena giliran peninggian yangbairnya sampai ke lantai rumah warga.

Ini menyusul adanya program Abah Bupati dr HM Zairullah Azhar, yang telah meninggikan rumah warga yang ada diarea bantaran sungai rawan banjir. Kini ketinggian rumah warga naik sekitar 50 sampai 70 cm dari sebelumnya.

Dengan program peninggian tiang rumah tersebut, warga sangat bersyukur karena tidak kebanjiran lagi. Kendati demikian, belum semuanya bisa ditinggikan lantara menyesuaikan anggaran dan dilakukan secara bertahap.

Misalnya saja di Desa Lasung, menurut Kepala Desa Helmy, di desanya ada 31 yang masuk target peninggian rumah. Namun baru sebanyak 11 rumah yang sudah ditinggikan.

” Alhamdulillah, program ini sangat bagus dan masyarakat sangat terbantu sekali dengan peninggian tiang rumah ini. Warga mengakui itu karena sudah tak kebanjiran, ” katanya.

Kendati demikian, masih ada juga yang belum sehingga berharap, rumah warga yang belum dapat giliran bisa cepat ditinggikan.

Mahji, warga RT 1 Desa Lasung yang rumahnya sudah tidak teredam banjir sangat berterimakasih sekali kepada Bupati Tanah Bumbu.

” Sangat bermanfaat dan sangat membantu sekali. Kami tidak kebanjiran lagi. Biasanya kalau sudah musim hujan dan banjir, kami harus bikin tempat tidur darurat. Tetapi sekarang sudah aman. Alhamdulillah, ” katanya.

Sementara itu, Camat Kusan Hulu, H Abdul Jabar, usai monitoring debit air sungai dan rumah-rumah warga mengatakan kondisi rumah warga kini sebagian sudah aman dengan program peninggian rumah.

” Alhamdulillah, rumah warga aman. Walau masih ada beberapa yang masih belum ditinggikan karena dikerjakan secara bertahap. Tapi kita lihat hari ini, kondisinya aman dan kedalam air sudah turun, ” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Guru Wildan Himbau Warga Kalsel Ciptakan Pemilu Damai Dan Pilih Prabowo Gibran

9 Februari 2024 - 07:13 WIB

Camat Simpang Empat Hadiri Peringatan Isra Miraj di Ponpes Alasmaul Husna

29 Januari 2024 - 23:13 WIB

Pemkab Tanah Bumbu Gandeng Mitra Kerja dan CSR, Tekan Angka Stunting

29 Januari 2024 - 23:12 WIB

Sebanyak 1275 PPPK Menunggu SK, Kepala BKPSDM Tanbu Sebut Masih Proses Pengusulan NIP

28 Januari 2024 - 00:03 WIB

Studi Mekanisme Pembahasan Penjadwalan LHP BPK, Banmus DPRD Tanbu Kunker ke Kabupaten PPU

27 Januari 2024 - 23:15 WIB

BPS dan KominfoTanbu, Ekspose Nilai Tukar Petani

26 Januari 2024 - 00:10 WIB

Trending di Advetorial