Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 22 Jun 2023 03:40 WIB ·

Wabup Tanah Bumbu Hadiri HUT Apkasi ke-23 di Jawa Tengah


 Wabup Tanah Bumbu Hadiri HUT Apkasi ke-23 di Jawa Tengah Perbesar

Kebumen,Newskalsel.com – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) merayakan ulang tahun ke-23 dipusatkan di Hotel Trio Azana Style Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (22/6/2023).

Peringatan yang disaksikan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo itu turut pula dihadiri Wakil Bupati Tanah Bumbu, Muhammad Rusli didampingi Staf Khusus Ustadz Hamzah bersama Kabag Tata Pemerintahan.

Ketua Umum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang hadir bersama sejumlah Bupati dari berbagai daerah di Indonesia menyampaikan terima kasih atas kehadiran Mendagri dan Gubernur Jateng.

“Kami mengharap bimbingan dan arahan untuk kemajuan daerah kabupaten di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberikan wejangan penting ke para bupati. Khususnya membangkitkan sektor swasta dan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) guna mewujudkan daerah yang mandiri secara fiskal.

Kemandirian fiskal ini, lanjut Tito, menjadi tantangan bagi para kepala daerah. Kuncinya adalah bagaimana menerapkan strategi meningkatkan pendapatan asli daerah dan menghemat anggaran dengan prinsip efektif-efisien serta tepat sasaran.

Khusus strategi meningkatkan PAD ini, Tito menggarisbawahi agar para kepala daerah bisa menghidupkan sektor swasta dan UMKM.

“Daerah-daerah yang tidak bisa menghidupkan sektor swasta dan UMKM, dia tidak akan pernah bisa mendapatkan PAD tinggi,” ujarnya.

Ia mengatakan, berikan insentif kepada para investor yang akan masuk dan permudah ijin usahanya. “Tinggalkan mindset lama yang bilang kalau bisa dipersulit kenapa harus dipermudah,” tandasnya.

Pesan Mendagri mendapatkan respon positif Wakil Bupati Tanah Bumbu Muhammad Rusli. Ia mendukung dan sependapat dengan strategi upaya peningkatan PAD melalui pemberdayaan sektor swasta dan UMKM.

“Upaya ini menjadi program konkrit Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu guna mendongkrak pendapatan asli,” tuturnya.

Bahkan, sambungnya, program peningkatan sektor swasta dan peningkatan UMKM sudah berjalan di Bumi Bersujud. Karena masuk salah satu visi misi daerah.

“Pemkab terus membekali dan mendorong UMKM berkembang hingga maju. Sektor swasta juga selalu diberikan ruang berinvestasi dan berkontribusi bagi daerah,” lanjutnya.

Ia optimis, upaya dan langkah konkrit ini akan membangkitkan gairah perekonomian dengan hasil akhir peningkatan pendapatan asli daerah.

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bangun Gedung MPP dan Kantor Bappeda-Libang, Pemkab Tanbu Target Selesai Tahun Ini

25 Juni 2024 - 05:15 WIB

Komitmen Pemkab Tanah Bumbu Capai Target Turunkan Angka Stunting

20 Juni 2024 - 04:59 WIB

Usai Slat Ied, Lapas Batulicin Potong Tujuh Ekor Hewan Kurban dan Dagingnya Dibagikan ke Warga

17 Juni 2024 - 01:56 WIB

Zairullah Azhar Gelar Open House Setelah Shalat Idul Adha 1445 Hijriyah

17 Juni 2024 - 01:55 WIB

Kodim 1022/Tanbu Potong 8 Sapi Kurban Untuk di Bagikan ke Kaum Duafa dan Fakir Miskin

17 Juni 2024 - 01:54 WIB

PT. Air Minum Bersujud Sumbangkan Hewan Qurban untuk Masyarakat Sekitar

17 Juni 2024 - 01:53 WIB

Trending di Advetorial