Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 30 Mei 2023 09:19 WIB ·

Edukasi Penyusunan RPJMDes, 20 Desa di Satui Diberikan Bimbingan Teknis


 Edukasi Penyusunan RPJMDes, 20 Desa di Satui Diberikan Bimbingan Teknis Perbesar

BATULICIN,Newskalsel.com – Pemahaman dan pematangan dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa) dibutuhkan, dalam upaya mengoptimalkan pembangunan di tingkat desa.

Atas dasar itulah, Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kabupaten Tanah Bumbu menyadari betapa pentingnya perencanaan yang matang dan terstruktur. Sehingga menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) RPJMDesa se Kecamatan Satui.

Bimtek berlangsung selama 2 hari dari 30 Mei hingga 31 Mei 2023. Bimtek diikuti 20 Desa yang baru menyelesaikan Pilkades Gelombang pertama tahun 2023.

“Kegiatan dilaksanakan di Kantor Desa Sinar Bulan, di ikuti 53 perangkat desa,” terang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tanah Bumbu, Samsir, SE, MAP, Selasa (30/5/2023).

Dijelaskan Samsir, RPJMDesa adalah dokumen yang menggambarkan arah dan kebijakan pembangunan desa dalam jangka waktu tertentu.

“Melalui RPJMDesa yang baik, desa dapat mengidentifikasi potensi dan masalah yang ada, serta menetapkan prioritas pembangunan yang tepat,” jelasnya.

Selain itu, sambungnya, RPJMDesa juga membantu dalam alokasi sumber daya yang efektif dan efisien serta memastikan partisipasi aktif masyarakat dalam proses pembangunan.

“Bimtek penyusunan RPJMDesa dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, melibatkan para tenaga ahli kabupaten dan Dinas PMD Tanah Bumbu,” lanjutnya.

Peserta bakal diberikan pemahaman dan keterampilan tahapan-tahapan penyusunan RPJMDesa. Mulai dari pengumpulan data, analisis kebutuhan, perumusan visi dan misi, hingga penetapan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Bimtek Penyusunan RPJMDesa ini penting dalam menciptakan desa yang mandiri, berkelanjutan, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” tandasnya.

Ia menjelaskan, “RPJMDesa menjadi landasan bagi semua program pembangunan yang akan dilaksanakan di tingkat Desa.

“Dengan melibatkan semua pihak terkait dan mendapatkan pemahaman yang baik tentang perencanaan, desa dapat mengarahkan pembangunan menuju tujuan yang diharapkan,” tukasnya.

Selain itu, bimbingan teknis ini juga membimbing Tim Penyusunan RPJMDes agar menyusun Rencana pembangunan Desa dalam jangka menengah yang selaras dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu. [kim]

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bangun Gedung MPP dan Kantor Bappeda-Libang, Pemkab Tanbu Target Selesai Tahun Ini

25 Juni 2024 - 05:15 WIB

Komitmen Pemkab Tanah Bumbu Capai Target Turunkan Angka Stunting

20 Juni 2024 - 04:59 WIB

Usai Slat Ied, Lapas Batulicin Potong Tujuh Ekor Hewan Kurban dan Dagingnya Dibagikan ke Warga

17 Juni 2024 - 01:56 WIB

Zairullah Azhar Gelar Open House Setelah Shalat Idul Adha 1445 Hijriyah

17 Juni 2024 - 01:55 WIB

Kodim 1022/Tanbu Potong 8 Sapi Kurban Untuk di Bagikan ke Kaum Duafa dan Fakir Miskin

17 Juni 2024 - 01:54 WIB

PT. Air Minum Bersujud Sumbangkan Hewan Qurban untuk Masyarakat Sekitar

17 Juni 2024 - 01:53 WIB

Trending di Advetorial