Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 25 Mei 2023 06:29 WIB ·

Dinsos Tanbu Lakukan Seleksi Klien AngkatanIV Panti Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial.


 Dinsos Tanbu Lakukan Seleksi Klien AngkatanIV Panti Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial. Perbesar

BATULICIN,Newskalsel.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) melakukan seleksi calon klien angkatan IV Panti Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial (PRSTS) Barakat Cangkal Bacari Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2023.

Seleksi dilakukan di Kantor Dinsos Tanbu di Jalan Dharma Praja, Gunung Tinggi, Kecamatan Batulicin, Selasa (30/5/2023).

Sebanyak 22 peserta yang masing-masing berasal dari perwakilan 12 Kecamatan se-Tanbu mengikuti seleksi tersebut. Peserta seleksi diminta mengisi formulir, kelengkapan identitas, dan pilihan keterampilan yang diminati, seperti pelatihan tata busana (menjahit), tata rias (salon), tata boga (memasak) dan bengkel motor.

Kepala Dinsos Tanbu, Basuni melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Maulidah menyampaikan seleksi ini mengecualikan bagi peserta dengan berpendidikan SMK, lulusan BLK, dan lulusan panti milik Pemprov Kalsel, maupun yang sedang dalam proses hukum/kepolisian.

“Kita mencari orang-orang yang potensial, yang terbilang miskin atau kurang mampu dengan persyaratan tertentu dan akan dilakukan kunjungan ke alamat peserta,” katanya.

Melalui pelatihan ini diharapkan kualitas sumberdaya manusia di daerah meningkat, khususnya bagi mereka yang benar-benar membutuhkan dan tidak mampu.

“Harapannya melalui pelatihan keterampilan ini mereka mendapatkan ilmu yang bisa diterapkan sebagai usaha mereka nantinya di masyarakat sehingga dapat pula mengurangi kemiskinan, baik dari pihak provinsi maupun daerah. Mereka bisa hidup mandiri dan mendapat pendidikan dengan kemampuan dan hasil yang berkualitas sesuai keahlian di bidangnya masing-masing,” Ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Pembinaan PRSTS Barakat Cangkal Bacari Angkatan IV Kalsel Drs. Aspul Anwar menjelaskan untuk kuota peserta pelatihan keterampilan tahun 2023 ini terbatas.

“Kuota peserta laki-laki hanya 13 orang, dan kuota peserta perempuan sebanyak 40 orang dari 13 Kabupaten/Kota se-Kalsel, dan rata-rata per-Kabupaten/Kota akan meluluskan 3 sampai 4 orang saja,” ungkapnya.

Terbatasnya jumlah peserta pelatihan keterbatasan asrama yang dimiliki saat ini.

Adapun pada kegiatan kali ini, Dinsos Tanbu bertindak sebagai fasilitasi seleksi PRSTS Barakat Cangkal Bacari Angkatan IV, sedangkan yang menjadi pelaksananya adalah Dinas Sosial Provinsi Kalsel.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BPJS Kesehatan Cabang Tanah Bumbu Kotabaru Berikan Penghargaan Kepada Badan Usaha

28 Mei 2024 - 04:39 WIB

Raih 11 Kali Opini WTP Berturut Turut Bupati Zairullah Azhar Ajak 12 Kepala Daerah Baca Solawat Badar.

7 Mei 2024 - 00:53 WIB

Delegasi Kejari Tanbu, Juara Kategori 5K Internal Jaksa di Adhyaksa Internasional Run 2024

28 April 2024 - 06:31 WIB

BPBD Tanbu kerahkan 20 personil amankan puncak Mappanre Ri Tasi’e

28 April 2024 - 05:25 WIB

Meriahkan Mappanre Ri Tasie, Dinas Perikanan Tanbu Bersama HNSI dan Avian Bagikan Cat

27 April 2024 - 06:04 WIB

PT BIB Buka Seleksi Beasiswa 85 Anak Berprestasi, Kuliah di Institute Teknologi Sains Bandung (ITSB)

25 April 2024 - 06:29 WIB

Trending di Advetorial