Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 2 Mei 2023 16:26 WIB ·

Zairullah Pimpin Upacara Hari OTDA Ke-XXVII dan Hardiknas Tahun 2023


 Zairullah Pimpin Upacara Hari OTDA Ke-XXVII dan Hardiknas Tahun 2023 Perbesar

BATULICIN,Newskalsel.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) memperingati Otonomi Daerah (OTDA) Ke-XXVII dan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 bertempat di Halaman Kantor Bupati di Gunung Tinggi, Kecamatan Batulicin, Selasa (2/5/2023).

Bupati Zairullah Azhar memimpin langsung upacara yang dihadiri Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemkab Tanbu dan pelajar SD dan SMP di Bumi Bersujud.

Berbeda dari tahun sebelumnya, peringatan Hari OTDA dan Hardiknas tahun 2023 ini bertindak selaku petugas upacara merupakan para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Diantaranya, Komandan Upacara Kepala Dinas Pendidikan Eka Saprudin, Sejarah Otda dibacakan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gento Hariyadi, dan Doa dibacakan Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata Syamsuddin.

Bupati Zairullah Azhar dalam sambutannya mengatakan otonomi daerah merupakan sebuah hikmah bagi daerah karena dengan adanya otonomi tersebut seluruh daerah di Indonesia mampu melakukan inovasi dan pengembangan dalam rangka melaksanakan tugas dan tanggungjawab dalam membangun daerah dan mensejahterakan masyarakat.

Terkait Otda ini, sambung Zairullah, Tanah Bumbu memiliki pengalaman menarik karena pada tahun 2008 lalu Kabupaten dengan motto Bersujud ini dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan HUT OTDA. Saat itu, Presiden hadir bersama Menteri terkait, Gubernur, Bupati, dan Walikota se-Indonesia yang mana kehadiran mereka memberikan semangat bagi Tanah Bumbu dalam menjalankan amanah meningkatkan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam kesempatan itu pula, Zairulllah juga menyampaikan beberapa pesan penting dari Presiden RI Joko Widodo berkaitan dengan capaian pelaksanaan otonomi daerah juga telah memberikan dampak positif, hal tersebut dibuktikan dengan keberhasilan Pemerintah Daerah dalam mendukung Program Nasional, seperti menurunnya Angka Kemiskinan, Program Penurunan Stunting, Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), serta Pengendalian Inflasi.

Lanjutnya, Presiden berharap kepada seluruh kepala daerah dapat mengambil berbagai langkah prioritas melalui peningkatan iklim investasi di daerah dengan memberikan perizinan yang tidak berbelit-belit.

Sementara itu, terkait Hardiknas, kata Zairullah sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Anak kita akan belajar lebih tenang kerena aktivitas pembelajaran mereka dimulai dan dinilai secara lebih holistik kemudian kepala sekolah dan kepala daerah diharapkan untuk secara kontinu, konsisten, dan bertanggung jawab dan terus melaksanakan apa yang menjadi tugas pendidikan ini.

Pada upacara peringatan Hari Otda dan Hardiknas tersebut, Bupati HM Zairullah Azhar juga menyerahkan piagam tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya kepada Pengawai Negeri Sipil (PNS) yang telah berbakti selama 10, 20, dan 30 tahun. (Ddi)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Guru Wildan Himbau Warga Kalsel Ciptakan Pemilu Damai Dan Pilih Prabowo Gibran

9 Februari 2024 - 07:13 WIB

Camat Simpang Empat Hadiri Peringatan Isra Miraj di Ponpes Alasmaul Husna

29 Januari 2024 - 23:13 WIB

Pemkab Tanah Bumbu Gandeng Mitra Kerja dan CSR, Tekan Angka Stunting

29 Januari 2024 - 23:12 WIB

Sebanyak 1275 PPPK Menunggu SK, Kepala BKPSDM Tanbu Sebut Masih Proses Pengusulan NIP

28 Januari 2024 - 00:03 WIB

Studi Mekanisme Pembahasan Penjadwalan LHP BPK, Banmus DPRD Tanbu Kunker ke Kabupaten PPU

27 Januari 2024 - 23:15 WIB

BPS dan KominfoTanbu, Ekspose Nilai Tukar Petani

26 Januari 2024 - 00:10 WIB

Trending di Advetorial