Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 27 Apr 2023 16:41 WIB ·

Genjot Industti Wisata Serambi Madinah BLK dan RIK Gandeng Pihak Perhotelan


 Genjot Industti Wisata Serambi Madinah BLK dan RIK Gandeng Pihak Perhotelan Perbesar

BATULICIN,Newskalsel.com – Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) punya industri pariwisata potensial. Problemnya cuma satu, Sumber daya manusia (SDM) terampil yang terbatas.

Inilah yang menjadi pokok pembicaraan manajemen Hotel Ebony bersama Balai Latihan Kerja (BLK) Tanbu dan Rumah Inspirasi Kreatif (RIK), Kamis (27/4/2023).

Kepala BLK Tanbu, Riza Akhyari mengungkapkan pertemuan itu menghasilkan kesepakatan, dan bakal menjalin kerjasama untuk meningkatkan kualitas tenaga terampil terutama di bidang perhotelan dan pariwisata.

“Melalui kerjasama ini nantinya diharapkan terjadi peningkatan kunjungan wisata dan ketersediaan kamar hotel. Karena sebagai tuan rumah kita bisa memberikan pelayanan yang terbaik,” ungkapnya.

Ia menambahkan kerjasama nantinya akan ditandai dengan penandatangan MoU dengan konsepnya berupa pembinaan dan pelatihan tenaga terampil. Dalam hal ini, BLK juga berpartner dengan RIK.

“Intinya kami akan melayani peningkatan keterampilan karyawan demi kepuasan pelayanan hotel. Dengan program-program pelatihan housekeeping, room boy, barista serta tour guide agar industri perhotelan dan pariwisata semakin berkembang,” jelasnya.

Di sisi lain, Ketua RIK, Anwar Ali Wahab menuturkan mereka akan terus memberi support terhadap upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang terampil di Serambi Madinah -julukan Tanbu-. Termasuk untuk menopang potensi industri pariwisata.

Tentu saja tak sekadar menggelar pelatihan, program ini nantinya juga membuka peluang kerja bagi anak-anak muda yang terampil.

“Nantinya akan dipekerjakan di Hotel Ebony dan hotel-hotel lainnya di Tanah Bumbu sesuai kebutuhan pihak hotel,” katanya.

Menurutnya, industri pariwisata di Tanbu mesti dibangkitkan, karena kabupaten yang terletak di tenggara Kalsel ini punya banyak potensi wisata.

“Pelatihan perhotelan berbasis pelayanan adalah solusi untuk mengejar ketertinggalan SDM di bidang perhotelan. Dan ini tentu menjadi daya tarik bagi pengusaha perhotelan berbintang lainnya untuk berinvestasi di bumi bersujud ini,” tuturnya.

Ia meyakini, menjamurnya hotel-hotel berbintang menjadi tanda bahwa daerah tersebut maju. Entah itu secara ekonomi, bisnis, dan tentu saja juga wisata. Yang mana dikemas secara relevan dengan karakteristik Serambi Madinah.

“Sebenarnya ada banyak hal yang bisa dikerjasamakan agar wisatawan berbondong-bondong berkunjung ke kabupaten kita ini,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Raih 11 Kali Opini WTP Berturut Turut Bupati Zairullah Azhar Ajak 12 Kepala Daerah Baca Solawat Badar.

7 Mei 2024 - 00:53 WIB

Delegasi Kejari Tanbu, Juara Kategori 5K Internal Jaksa di Adhyaksa Internasional Run 2024

28 April 2024 - 06:31 WIB

BPBD Tanbu kerahkan 20 personil amankan puncak Mappanre Ri Tasi’e

28 April 2024 - 05:25 WIB

Meriahkan Mappanre Ri Tasie, Dinas Perikanan Tanbu Bersama HNSI dan Avian Bagikan Cat

27 April 2024 - 06:04 WIB

PT BIB Buka Seleksi Beasiswa 85 Anak Berprestasi, Kuliah di Institute Teknologi Sains Bandung (ITSB)

25 April 2024 - 06:29 WIB

ASDP Ferry Batulicin Mulai Uji Coba Penerapan Pembelian Tiket Berbasis Website

24 April 2024 - 06:09 WIB

Trending di Advetorial