Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 20 Mar 2023 05:30 WIB ·

Momen Hari Jadi ke 20 Tanbu dan Pesta Adat Mappanreritasie Pagatan, UMKM Difasilitasi Secara Gratis


 Momen Hari Jadi ke 20 Tanbu dan Pesta Adat Mappanreritasie Pagatan, UMKM Difasilitasi Secara Gratis Perbesar

Advetorial Khusus

BATULICIN,Newskalsel.com – Kepemimpinan Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar bersama dengan Wakil Bupati H Muh Rusli, terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakatnya.

Momen Hari Jadi ke 20 Kabupaten Tanah Bumbu yang tidak sampai satu bulan lagi, yaitu Pada 8 April 2023 sejak 8 April 2003 lalu.

Persembahan Pemerintah Daerah selalu ingin memberikan yang terbaik kepada masyarakat terutama di momen hari jadi yang biasanya dirangkai dengan pelaksanaan Pesta Pantai Mappanreritasie di Pantai Pagatan.

Banyak rangkaian acara yang dilaksanakan namun di tahun ini bertepatan di bulan Puasa Ramadan sehingga hanya dibuka bernuansa Islami dan baru dilanjut setelah lebaran Idul Fitri.

Usai lebaran, pesta Pantai Mappareritasie bakal digelar selama kurang lebih satu bulan lamanya dan akan ada area UMKM dan Ekonomi Kreatif.

Kebijakan Bupati Tanah Bumbu, dr HM Zairullah Azhar, tahun ini akan menggratiskan stand UMKM Ekonomi Kreatif.

Ini adalah upaya pemerintah mengakomodir dan tidak memberatkan para pedagang lokal yang tentunya stand yang disediakan memang terbatas.

” Sesuai dengan kebijakan pa Bupati, tahun ini kita akan gratiskan tempat UMKM Ekonomi Kreatif dengan prioritas masyarakat Tanah Bumbu dengan teknis pbagian tempat yang ketat, ” kata Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu, Hamaludin Tahir, Senin (20/3/2023).

Pelaksanaan kawasan UMKM dan Ekonomi Kreatif ini akan berbeda konsepnya tahun ini dan sepenuhnya ditata oleh Event Organizer agar lebih mudah ditata dan tertib.

” Yang Jelas, UMKM akan digratiskan dan ada pula sejumlah stand yang berbayar, ” katanya. (*)

Acara Pesta Adat Mappanreritasie Pantai Pagatan, Rangkaian Acara Digelar Setelah Ramadan

BATULICIN – Pesta Pantai Mappanre ri tasi e kembali digelar di Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu.

Menurut Kelapa Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporapar) Tanbu, Hamaludin Tahir, untuk pelaksanaan kegiatan Pesta Pantai Mappanre ri tasie tahun 2023 digelar setelah bulan Ramadhan.

“Acara pesta pantai tidak dilaksanakan pada bulan Ramadhan, tetapi dilaksanakan setelahnya,” kata Hamaluddin.

Namun, untuk acara pembukaan pesta pantai Mappanreri tasie dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Jadi ke-20 Kabupaten Tanah Bumbu yang diperingati setiap 8 April.

Acara pembukaan pun digelar dengan nuansa Islami seperti zikiran, sholawatan, buka puasa bersama, sholat maghrib berjamaah, dan kegiatan religi lainnya yang mencerminkan implementasi Tanah Bumbu Bersujud menuju Serambi Madinah.

“Tanggal 8 April itu hanya pembukaan pesta pantai saja, sedangkan rangkaian acara hiburan, lomba, dan aktivitas dagang, expo dan lainnya digelar setelah ramadhan sehingga tidak mengganggu kekhusyukan masyarakat menjalankan ibadah di bulan ramadhan,” ujar Hamal sebagaimana arahan abah Bupati Zairullah Azhar.

Sedangkan untuk acara puncak Mappanreritasie akan diserahkan kepada lembaga adat ogi, karena pada saat itu memang kewenangannya lembaga adat.

Sementara itu, untuk konsep pesta pantai tahun 2023 ini, kata Hamal, akan ada perubahan. Berdasarkan arahan Bupati setidaknya acara tahunan ini mengikuti konsep gelaran Batulicin Festival (BATFEST).

Kegiatan selama pesta pantai di isi dengan ceramah agama setiap malam jumat, expo/pameran, stand UMKM, kegiatan seni dan budaya, dan lomba-lomba.

Bupati juga menginginkan dilokasi pesta pantai disediakan sedikitnya empat sampai lima mushola agar pengunjung bisa melaksanakan ibadah.

Hamal menambahkan, Bupati menginginkan agar pelaksanaan pesta pantai tidak ada penyembelihan ayam diatas laut, tetapi di isi dengan syukuran dengan doa dan setelah itu makan bersama didaratan.

Sekedar informasi, Pesta pantai Mappanre ri tasi e digelar sebagai bentuk rasa syukur atas hasil laut yang melimpah. Pesta pantai dilaksanakan hampir satu bulan penuh yang isi berbagai kegiatan seni dan budaya.

Selain itu, acara tahunan yang mampu menarik ribuan wisatawan baik dalam maupun luar daerah tersebut juga di isi dengan kegiatan expo/pameran produk UMKM dan lainnya. (*)

Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bangun Gedung MPP dan Kantor Bappeda-Libang, Pemkab Tanbu Target Selesai Tahun Ini

25 Juni 2024 - 05:15 WIB

Komitmen Pemkab Tanah Bumbu Capai Target Turunkan Angka Stunting

20 Juni 2024 - 04:59 WIB

Usai Slat Ied, Lapas Batulicin Potong Tujuh Ekor Hewan Kurban dan Dagingnya Dibagikan ke Warga

17 Juni 2024 - 01:56 WIB

Zairullah Azhar Gelar Open House Setelah Shalat Idul Adha 1445 Hijriyah

17 Juni 2024 - 01:55 WIB

Kodim 1022/Tanbu Potong 8 Sapi Kurban Untuk di Bagikan ke Kaum Duafa dan Fakir Miskin

17 Juni 2024 - 01:54 WIB

PT. Air Minum Bersujud Sumbangkan Hewan Qurban untuk Masyarakat Sekitar

17 Juni 2024 - 01:53 WIB

Trending di Advetorial