Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 15 Feb 2023 07:42 WIB ·

Dispersip Ikuti Bimtek Penominasian Arsip Kolektif


 Dispersip Ikuti Bimtek Penominasian Arsip Kolektif Perbesar

BATULICIN,Newskalsel.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu mengikuti sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) penominasian arsip sebagai memori kolektif bangsa tahun 2023 secara daring dari Kantor Dispersip Tanbu, Kamis (15/2/2023).

Sosialisasi dan Bimtek yang digelar oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala ANRI Imam Gunarto.

Dalam sambutanya, Kepala ANRI mengatakan kegiatan ini bukan hanya untuk meregistrasi dan menjalankan perintah presiden untuk mendokumentasikan kesenian dan kebudayaan, namun sebagai bentuk kesadaran yang tumbuh untuk mengatasi darurat arsip, darurat memori, dan darurat sejarah.

Imam Gunarto yang juga Ketua Komite Memory of the World (MOW) Indonesia dalam kesempatan itu juga memaparkan materi Warisan Dokumenter Indonesia.

Sementara itu, Kepala Dispersip Tanbu Yulia Rahmadani mengatakan program registrasi arsip sebagai memori kolektif bangsa (MKB) bertujuan untuk membangun basis data arsip MKB yang memiliki nilai nasional dan universal.

“MKB adalah arsip dari sejarah perjalanan bangsa yang merupakan aset nasional yang menggambarkan identitas dan jati diri bangsa Indonesia,” kata Yulia.

Melalui program MKB ini, sebutnya tentunya dapat menyelamatkan dan melestarikan arsip dari resiko musnah atau hilang yang disebabkan oleh faktor alamiah atau faktor manusia.

Melalui MKB ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap arsip yang awalnya hanya diketahui secara terbatas menjadi pengetahuan bagi masyarakat diseluruh Indonesia.

Artikel ini telah dibaca 39 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Guru Wildan Himbau Warga Kalsel Ciptakan Pemilu Damai Dan Pilih Prabowo Gibran

9 Februari 2024 - 07:13 WIB

Camat Simpang Empat Hadiri Peringatan Isra Miraj di Ponpes Alasmaul Husna

29 Januari 2024 - 23:13 WIB

Pemkab Tanah Bumbu Gandeng Mitra Kerja dan CSR, Tekan Angka Stunting

29 Januari 2024 - 23:12 WIB

Sebanyak 1275 PPPK Menunggu SK, Kepala BKPSDM Tanbu Sebut Masih Proses Pengusulan NIP

28 Januari 2024 - 00:03 WIB

Studi Mekanisme Pembahasan Penjadwalan LHP BPK, Banmus DPRD Tanbu Kunker ke Kabupaten PPU

27 Januari 2024 - 23:15 WIB

BPS dan KominfoTanbu, Ekspose Nilai Tukar Petani

26 Januari 2024 - 00:10 WIB

Trending di Advetorial