Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 20 Jan 2023 04:11 WIB ·

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Terapkan Digital ID


 Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Terapkan Digital ID Perbesar

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) Provinsi Kalimantan Selatan (Prov Kalsel) mulai menerapkan digital ID (Identitas Digital) untuk lebih mempermudah masyarakat dalam pelaksanaan transaksi layanan publik.

Penerapan identitas digital diawali langsung oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar dengan melakukan aktivasi Digital ID tersebut pada Jumat (20/1/2023) di Kantor Bupati di Gunung Tinggi, Batulicin.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanah Bumbu Gento Hariyadi mengatakan identitas kependudukan di Tanah Bumbu sudah bisa dilakukan dalam bentuk digital melalui handphone android dengan mendownload aplikasi bernama “Identitas Kependudukan Digital” di Google Playstore.

Setelah masyarakat mendownload aplikasi tersebut, kemudian Disdukcapil akan melakukan aktivasi identitas kependudukan mereka.

“Jadi, identitas kependudukan tersebut sudah dalam bentuk digital melalui android masing-masing penduduk,” ucapnya.

Adapun fitur-fitur didalam aplikasi tersebut meliputi E-KTP, BPJS, Dokumen, Tandatangan Elektronik, dan lainnya.

Pada tahap awal aktivasi Digital ID ini sasarannya adalah para ASN dan Non ASN dilingkungan pemerintah Tanah Bumbu, dan selanjutnya masyarakat umum.

Manfaat digital ID ini diantaranya apabila ketersediaan blangko KTP-El didaerah tidak tercukupi maka penduduk yang sudah melakukan perekaman cukup dengan di digitalisasikan, tidak perlu memiliki fisik KTP-Elektronik.

“Jadi tidak ada lagi KTP-El atau Kartu Keluarga (KK) hilang, karena sudah didigitalisasi kedalam android. Selain itu, kelebihan Digital ID yaitu penggunaan lebih simpel, tidak perlu dicetak menggunakan blangko, dan KTP atau identitas kependudukan lainnya cukup disimpan di dalam handphone (HP) android,” ucapnya.

Ditambahkan Gento, dalam hal digital id ini pihaknya tidak mentergetkan seluruh masyarakat mendigitalisasikan identitas mereka melalui aplikasi tersebut, karena tidak semua masyarakat memiliki HP Android.

“Secara bertahap kami akan melakukan dengan sasaran kalangan menegah ke atas,” ujarnya.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan digitalisasi bisa datang ke Disdukcapil Tanah Bumbu. Tetapi jika kebutuhan urgensi masyarakat sangat tinggi, maka dimungkinkan Dukcapil harus hadir maka kami bisa koordinasi dengan kelurahan dan desa untuk hadir ke sana.

Sementara itu, Bupati HM Zairullah Azhar sangat mendukung dengan penerapan Digital ID di Tanah Bumbu karena memiliki banyak manfaat utamanya dalam hal transaksi layanan publik.Untuk itu, Bupati menghimbau masyarakat untuk beralih dari KTP Elektronik menjadi KTP Digital atau Digital ID.

Artikel ini telah dibaca 44 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Galakkan Tradisi Anak Membasuh Kaki Orang Tua, Upaya Pemkab Tanbu Lahirkan Anak Bakti

21 Maret 2024 - 13:01 WIB

Galakkan Tradisi Anak Membasuh Kaki Orang Tua, Upaya Pemkab Tanbu Lahirkan Anak Bakti

21 Maret 2024 - 12:23 WIB

Renovasi Kubah Pagatan Akhirnya Telah Rampung, Usai Lebaran Bakal Diresmikan Bupati Tanbu

20 Maret 2024 - 12:28 WIB

Pemkab Tanah Bumbu Apresiasi Turnamen Mini Soccer, Ramadhan Cup Besutan JG-Andifa Group

20 Maret 2024 - 12:27 WIB

Dirjen Badilum Mahkamah Agung RI Resmikan Renovasi Musala Al Hakim Pengadilan Negeri Batulicin

20 Maret 2024 - 12:25 WIB

Sukses Amankan Jalannya Pemilu 2024, ini Profil AKBP Arief Prasetya sosok Kapolres Tanbu yang sederhana

20 Maret 2024 - 12:24 WIB

Trending di Advetorial