Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 18 Jan 2023 09:35 WIB ·

Dorong Kesejahteraan Petani, Pemkab Tanbu Bantu Mesin Combine


 Dorong Kesejahteraan Petani, Pemkab Tanbu Bantu Mesin Combine Perbesar

BATULICIN,Newskalsel.com – Dorong kesejahteraan petani, Pemkab Tanahbumbu melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian setempat, memberikan bantuan satu unit mesin panen padi atau combine kepada kelompok tani Setia Tani Desa Karang Mulya Kecamatan Kusanhulu.

Penyerahan mesin panen padi atau combine dengan seri Yanmar YH 850, secara langsung diserahkan oleh Kepala Dinas KPP Pemkab Tanahbumbu, Hairuddin kepada ketua kelompok tani Setia Tani, Suparmin di gudang alsintan, Rabu (18/1/2023).

Dikatakan Kepala Dinas KPP Pemkab Tanahbumbu, Hairuddin bantuan mesin panen padi ini sebagai bentuk perhatian serta dukungan dari pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi petani.

“Semoga ini bisa dimanfaatkan semua petani di desa Karang Mulya dan mampu meningkatkan kesejahteraan petani,” ucap dia usai penyerahan bantuan mesin panen padi.

Diharapkan dia, dengan adanya mesin panen padi di Desa Karang Mulya, hasil produksi pertanian di desa tersebut juga dapat meningkat.

“Pesan saya, mesin panen padi ini dirawat bersama agar kebermanfaatannya bisa lama,” pesan dia.

Sementara itu, ketua kelompok tani Setia Tani, Suparmin mengakui mesin panen padi jenis combine ini sangat diperlukan oleh anggotanya dan anggota kelompok tani lainnya di Desa Karang Mulya.

“Ini akan dimanfaatkan bukan Cuma anggota dari kelompok tani setia tani, tapi sepuluh kelompok tani di Desa Karang Mulya. Jumlahnya lebih dari dua ratus petani,” terang dia.

Dibeberkan dia, saat panen padi menggunakan mesin combine selain lebih cepat, juga lebih murah.

“Dengan mesin combine, saat panen dalam satu hektar biayanya sekitar Rp 3 juta. Tapi, kalau manual bisa sampai Rp 7 juta,” beber dia.

Artikel ini telah dibaca 44 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bangun Gedung MPP dan Kantor Bappeda-Libang, Pemkab Tanbu Target Selesai Tahun Ini

25 Juni 2024 - 05:15 WIB

Komitmen Pemkab Tanah Bumbu Capai Target Turunkan Angka Stunting

20 Juni 2024 - 04:59 WIB

Usai Slat Ied, Lapas Batulicin Potong Tujuh Ekor Hewan Kurban dan Dagingnya Dibagikan ke Warga

17 Juni 2024 - 01:56 WIB

Zairullah Azhar Gelar Open House Setelah Shalat Idul Adha 1445 Hijriyah

17 Juni 2024 - 01:55 WIB

Kodim 1022/Tanbu Potong 8 Sapi Kurban Untuk di Bagikan ke Kaum Duafa dan Fakir Miskin

17 Juni 2024 - 01:54 WIB

PT. Air Minum Bersujud Sumbangkan Hewan Qurban untuk Masyarakat Sekitar

17 Juni 2024 - 01:53 WIB

Trending di Advetorial