Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 2 Jan 2023 12:19 WIB ·

Dinas Ketahanan Pangan Tanbu Panen Penangkaran Benih Padi Invari Nutri Zinc


 Dinas Ketahanan Pangan Tanbu Panen Penangkaran Benih Padi Invari Nutri Zinc Perbesar

BATULICIN,Newskalsel.com – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu (DKPP Kab Tanbu), panen penangkaran benih padi varietas Inpari IR Nutri Zinc, bersama kelompok tani Suka Maju Desa Manurung Kecamatan Kusan Tengah.

Panen ini berdasarkan hasil kerjasama Pemerintah Kab. Tanbu dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Selatan (BPTP Kalsel).

Kegiatan panen dilakukan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov Kalsel, Kepala DKPP Kab. Tanah Bumbu, Kepala Badan Pusat Statistik Tanah Bumbu, Camat Kusan Tengah, BPTP, Danramil Kusan Hilir (mewakili), Kepala BPP Kusan Hilir beserta tamu undangan.

Hasil panen dinilai sesuai harapan, melalui Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov Kalsel Ir H Syamsir Rahman, menyampaikan bahwa ini adalah panen perdana di musim tanam ini, yangmana di daerah lain saat ini baru mulai musim tanam. Disamping itu, panen ini bisa menjadi contoh bagi petani lain.

Kadis TPH Prov Kalsel, juga terlibat memberikan memotivasi. Agar petani terus menanam untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Tak hanya itu, Kadis TPH Prov Kalsel juga siap mendukung sarana dan prasarana pertanian di Kab.Tanbu.

Kepala DKPP Kab Tanbu. H Hairuddin menyampaikan, kegiatan penangkaran padi verietas Inpari IR Nutri Zinc seluas 6 hektar, tanam perdana dilakukan pada tanggal 29 September 2022.

Inpati IR Nutri Zing adalah varietas padi sawah yang memiliki kandungan unsur zinc lebih tunggi kurang lebih 25 persen, dari pada varietas lainnya dan dinilai bagus untuk penanganan kasus stunting.

“Kami berharap varietas ini, terus berkembang di Tanah Bumbu, untuk mendukung pencegahan stunting dan peningkatan produksi padi, mengamankan stok beras di Kab. Tanbu maupun kesiapan ketahan pangan sebagai penyangga Ibu Kota Negara nantinya,” katanya pada Minggu (1/1/2023) saat dikonfirmasi.

Diharapkan benih padi, Inapri IR Nutri Zinc ini terus dikembangkan, untuk mendukung produksi padi di Kab. Tanbu dan pencegahan stunting karena Inpari IR Nutri Zinc ini memiliki unsur Zinc lebih tinggi.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Raih 11 Kali Opini WTP Berturut Turut Bupati Zairullah Azhar Ajak 12 Kepala Daerah Baca Solawat Badar.

7 Mei 2024 - 00:53 WIB

Delegasi Kejari Tanbu, Juara Kategori 5K Internal Jaksa di Adhyaksa Internasional Run 2024

28 April 2024 - 06:31 WIB

BPBD Tanbu kerahkan 20 personil amankan puncak Mappanre Ri Tasi’e

28 April 2024 - 05:25 WIB

Meriahkan Mappanre Ri Tasie, Dinas Perikanan Tanbu Bersama HNSI dan Avian Bagikan Cat

27 April 2024 - 06:04 WIB

PT BIB Buka Seleksi Beasiswa 85 Anak Berprestasi, Kuliah di Institute Teknologi Sains Bandung (ITSB)

25 April 2024 - 06:29 WIB

ASDP Ferry Batulicin Mulai Uji Coba Penerapan Pembelian Tiket Berbasis Website

24 April 2024 - 06:09 WIB

Trending di Advetorial