Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 21 Okt 2022 12:13 WIB ·

Dispersip Tanbu Roadshow Kegemaran Membaca


 Dispersip Tanbu Roadshow Kegemaran Membaca Perbesar

BATULICIN,Newskalsel.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Dispersip Kab Tanbu), selesai menyelenggarakan roadshow kegemaran membaca, bertempat di SMAN 1 Simpang Empat.

Tujuan penyelenggaraan roadshow sebagai inisiasi ‘agen of change’ duta literasi dan kegemaran membaca pada generasi muda.

Manfaat bagi pelajar yaitu demi menyalurkan sikap sadar potensi sebagai duta literasi, belajar menjadi agen perubahan, mengembangkan inovasi, menginspirasi untuk gemar membaca, sekaligus meningkatkan problem solving di masyarakat.

Kepala Dispersip Tanbu, Yulia Rahmadhani diwakili oleh Kabid P2KM (Pengembangan Perpustakaan dan Kegemaran Membaca) Tri Wahyudi Huda, menyampaikan sekiranya demi kemajuan bangsa, perlu dilakukan segala upaya agar dapat meningkatkan dan mengembangkan pada tingkat kegemaran membaca dan indeks pembangunan literasi masyarakat.

Sedikitnya ada 100 siswa yang turut berhadir dalam kegiatan roadshow kegemaran membaca. Dispersip Tanah Bumbu pun, memberikan apresiasi kepada Kepala SMAN 1 Simpang Empat sebagai tuan rumah.

“Siswa dimotivasi menjadi duta literasi di masyarakat, agar terjadi efek domino meningkatnya budaya membaca, menulis, berkarya, mencipta, problem solving terhadap permasalahan di masyarakat, berujung pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat Tanah Bumbu,” ungkap Kabid P2KM, pada Jumat (21/10/22) di kantornya di Gunung Tinggi.

Pun demikian, civitas sekolah diinisiasi untuk mengembangkan gerakan literasi sekolah, melalui terobosan baru. Berinovatif dengan memanfaatkan teknologi dan informasi terbaru seperti pojok baca digital, e-book, e-perputakaan sekolah, e-learning dan metode lainnya.

Saat roadshow, Tri Wahyudi Huda memberikan materi tentang Indeks pembangunan literasi masyarakat dan tingkat kegemaran membaca Kabupaten Tanah Bumbu, implementasi dan solusi.

Disamping itu, hadir pemateri Duta Baca Tanah Bumbu, Ilham, dengan membawa materi Pemanfaatan media sosial untuk meningkatkan potensi, minat, bakat (personal branding) bagi remaja. dan penyuluh perpustakaan, Kahar, juga menerangkan tentang materi  Meningkatkan minat baca, kunci sukses remaja cerdas.

Turut serta dalam roadshow kegemaran membaca, Jawara Internet Sehat (Azmi Irfala), yang membawakan materi tentang Remaja lawan hoaks dan lindungi privasi digital.

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bangun Gedung MPP dan Kantor Bappeda-Libang, Pemkab Tanbu Target Selesai Tahun Ini

25 Juni 2024 - 05:15 WIB

Komitmen Pemkab Tanah Bumbu Capai Target Turunkan Angka Stunting

20 Juni 2024 - 04:59 WIB

Usai Slat Ied, Lapas Batulicin Potong Tujuh Ekor Hewan Kurban dan Dagingnya Dibagikan ke Warga

17 Juni 2024 - 01:56 WIB

Zairullah Azhar Gelar Open House Setelah Shalat Idul Adha 1445 Hijriyah

17 Juni 2024 - 01:55 WIB

Kodim 1022/Tanbu Potong 8 Sapi Kurban Untuk di Bagikan ke Kaum Duafa dan Fakir Miskin

17 Juni 2024 - 01:54 WIB

PT. Air Minum Bersujud Sumbangkan Hewan Qurban untuk Masyarakat Sekitar

17 Juni 2024 - 01:53 WIB

Trending di Advetorial