Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 20 Okt 2022 10:29 WIB ·

Dinkes Tanbu Gelar Penggalangan Komitmen Pelaksanaan Program Posbindu dan PTM


 Dinkes Tanbu Gelar Penggalangan Komitmen Pelaksanaan Program Posbindu dan PTM Perbesar

BATULICIN,Newskalsel.com – Dinas Kesehatan Tanah Bumbu menggelar kegiatan penggalangan komitmen pelaksanaan program Posbindu PTM dengan melibatkan lintas program dan lintas sektor Tahun 2022 yang bertempat di Gedung Mahligai Bersujud Kecamatan Simpang Empat, Kamis 20/10/2022.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Asisten III bidang administrasi dan umum, dirjen dari kementerian kesehatan, Kepala bidang penanggulangan penyakit menular dinas kesehatan provinsi dan seluruh kepala puskesmas se-kabupaten Tanahb bumbu.

Dalam sambutannya kepala dinas Kesehatan Tanah Bumbu melalui sekretaris dinas dr. Arman Jaya mengatakan, kegiatan penggalangan komitmen ini dalam rangka untuk meningkatkan peran serta fungsi kita masing masing sesuai dengan kewenangan posbindu dalam hal penanganan penyakit menular (PTM) di Kabupaten Tanah Bumbu.

” Tujuan khususnya agar pelaksanaan Posbindu dapat dilakukan secara massal di kabupaten Tanah Bumbu segingga penanganan penyakit menular lebih mudah,” Kata Arman Jaya.

Seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini penyakit menular merupakan salah satu penyumbang terbesar untuk angka kematian di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Arman jaya juga menyampaikan bahwa sesuai edaran dari kementerian kesehatan untuk jenis obat sirup dilarang peredarannya karena dalam kandungan obat sirup terdapat kandungan yang dapat menyebabkan kegagalan pada ginjal anak anak.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III bidang administrasi dan umum Andi Aminuddin mengatakan, Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah penyebab utama kematian secara global, yang antara lain, jantung, pembuluh darah, diabetes, kanker, penyakit pernapasan kronis, dan cedera serta tindak kekerasan.

Di Indonesia sendiri, PTM menyumbang 73% penyebab kematian pada tahun 2016.
Peningkatan prevalensi PTM ini berdampak terhadap peningkatan beban pembiayaan kesehatan yang harus ditanggung Negara san masyarakat.

Oleh karenanya, dibutuhkan komitmen dan strategi pengendalian PTM, guna menurunkan morbiditas, mortalitas, serta disabilitas PTM, melalui intensifikasi pencegahan dan pengendalian faktor risiko dan pengendalian PTM yang melibatkan seluruh stakeholder terkait.

” saya berharap Posbindu PTM ini dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM, sehingga nantinya dapat menaejahterakan masyarakat Bumi Bersujud,” Pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan komitmen terkait program Posbindu dan penanganan penyakit menular oleh Asisten III, Wakil ketua DPRD, sekretaris dinas kesehatan dan seluruh kepala puskesmas yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bangun Gedung MPP dan Kantor Bappeda-Libang, Pemkab Tanbu Target Selesai Tahun Ini

25 Juni 2024 - 05:15 WIB

Komitmen Pemkab Tanah Bumbu Capai Target Turunkan Angka Stunting

20 Juni 2024 - 04:59 WIB

Usai Slat Ied, Lapas Batulicin Potong Tujuh Ekor Hewan Kurban dan Dagingnya Dibagikan ke Warga

17 Juni 2024 - 01:56 WIB

Zairullah Azhar Gelar Open House Setelah Shalat Idul Adha 1445 Hijriyah

17 Juni 2024 - 01:55 WIB

Kodim 1022/Tanbu Potong 8 Sapi Kurban Untuk di Bagikan ke Kaum Duafa dan Fakir Miskin

17 Juni 2024 - 01:54 WIB

PT. Air Minum Bersujud Sumbangkan Hewan Qurban untuk Masyarakat Sekitar

17 Juni 2024 - 01:53 WIB

Trending di Advetorial