Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 17 Agu 2022 02:55 WIB ·

Sekda Tanbu Serahkan Bantuan Hibah Kompetitif Program YEES


 Sekda Tanbu Serahkan Bantuan Hibah Kompetitif Program YEES Perbesar

BATULICIN,Newskalsel.com – Di Hari Kemerdekaan RI ke 77, Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) dr HM Zairullah Azhar melalui Sekretaris Daerah H Ambo Sakka, menyerahkan bantuan hibah kompetitif (HK) program Youth Enterpreneurship and Employment Support Service (YESS) Tahun 2022 kepada para wirausaha muda atau milenial di bidang pertanian.

Ditengah gempuran era digital, para pemuda asik main gadgetnya, namun sebagian lagi memilih untuk mengembangkan diri, dan berwira usaha bidang pertanian hingga mendapatkan hibah bantuan dana.

Bantuan yang diterima kaum milenial tersebut diserahkan di halaman Kantor Bupati usai pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi RI, Rabu (17/8/2022).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Andi Anwar Sadat, mengatakan apa yang diberikan itu merupakan upaya pengembangan bidang pertanian.

” Bertepatan di peringatan HUT RI Ke-77 ini, bantuan diserahkan secara simbolis oleh pa Sekda melalui program YESS untuk millenial umur 18 sampai 35 tahun,” kata Andi Anwar Sadat didampingi Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian, H Hairuddin.

Ia menjelaskan, program YESS merupakan program kerjasama antara Kementerian Pertanian RI dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) yang dirancang untuk menghasilkan wirausaha muda dibidang pertanian atau petani milenial.

Pada tahun 2022 ini, sambung Anwar Sadat, yang menerima HK sebanyak 14 wirausaha muda dari ratusan proposal yang masuk dan tahap verifikasi.

” Program Yess ini sendiri bertujuan untuk regenerasi petani yang saat ini masih didominasi oleh petani dalam kategori usia sudah tua. Ini sebagai upaya agar minat petani muda kita masih terus ada, ” katanya.

Harapanya melalui program ini dapat meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia dari pedesaan yang menekuni bidang pertanian sehingga tercipta wirausaha pertanian dari kalangan milenial, yang juga berdampak pada meningkatnya produksi pertanian di Bumi Bersujud.

Sementara itu, Bupati H.M. Zairullah Azhar melalui Sekda H Ambo Sakka menyampaikan ucapan terimakasih dengan adanya program YESS tersebut.
” Kita mengharapkan bisa menumbuhkan wirausaha-wirausaha muda yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Tanah Bumbu,” katanya.

Ditanya terkait syarat menerima bantuan hibah tersebut, usia muda dan mau berusaha mengembangkan sektor pertanian dan Bappedalitbang selalu siap memberikan dukungan. Sekadar diketahui, bantuan yang diberikan bernilai puluhan juta rupiah.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Galakkan Tradisi Anak Membasuh Kaki Orang Tua, Upaya Pemkab Tanbu Lahirkan Anak Bakti

21 Maret 2024 - 13:01 WIB

Galakkan Tradisi Anak Membasuh Kaki Orang Tua, Upaya Pemkab Tanbu Lahirkan Anak Bakti

21 Maret 2024 - 12:23 WIB

Renovasi Kubah Pagatan Akhirnya Telah Rampung, Usai Lebaran Bakal Diresmikan Bupati Tanbu

20 Maret 2024 - 12:28 WIB

Pemkab Tanah Bumbu Apresiasi Turnamen Mini Soccer, Ramadhan Cup Besutan JG-Andifa Group

20 Maret 2024 - 12:27 WIB

Dirjen Badilum Mahkamah Agung RI Resmikan Renovasi Musala Al Hakim Pengadilan Negeri Batulicin

20 Maret 2024 - 12:25 WIB

Sukses Amankan Jalannya Pemilu 2024, ini Profil AKBP Arief Prasetya sosok Kapolres Tanbu yang sederhana

20 Maret 2024 - 12:24 WIB

Trending di Advetorial