Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 15 Agu 2022 03:14 WIB ·

Keinginan Bupati Wujudkan Peningkatan Status Desa Mandiri Tercapai


 Keinginan Bupati Wujudkan Peningkatan Status Desa Mandiri Tercapai Perbesar

BATULICIN,Newskalsel.com – Pada saat HUT Provinsi Kalimntan Selatan ke 72 yang dilaksanakan di eks Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, Kabupaten Tanah Bumbu mendapatkan penghargaan, Senin (15/8/2022).

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sabirin Noor atau di kenal dengan nama Paman Birin, telah menyerahkan piagam penghargaan kepada Bupati Tanah Bumbu dengan Kategori Kinerja Terbaik peningkatan status Desa di Kalimantan Selatan dalam Peningkatan Perubahan Status Desa menjadi Desa Mandiri, disusul Kabupaten, Kabupaten Tabalong, dan Kabupaten Barito Kuala.

Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar mengatakan, untuk memajukan desa setidaknya desa harus mandiri.

Sebab, menurutnya apabila desa mandiri tentu akan mempengaruhi pengembangan ekonomi Desa. Salah satu syarat untuk menjadikan desa mandiri ada beberapa aspek yang harus dipenuhi yaitu indek ketahanan pangan, ekonomi, sosial, lingkungan, kepesertaan BPJS, Posyandu dan dan sarana jalan.

Di Kabupaten Tanah Bumbu berjumlah 144 desa dan 22 desa persiapan. Ada desa tertinggal di tahun 2022 sebanyak 3 desa, desa berkembang tahun 2022 sebanyak 59 desa, desa maju tahun 2022 sebanyak 59 desa.

Sedangkan desa Mandiri Tahun 2022, sudah sebanyak 23 desa, tertinggi di Kalimantan selatan.

Kadis PMD Kabupaten Tanah bumbu, Samsir membenarkan Kabupaten Tanah bumbu tertinggi dan terbaik di dalam peningkatan status desa menjadi desa mandiri.

” Hal ini tidak terlepas dari kerjasama semua pihak dalam meningkatkan desa manjadi mandiri, perlu sinergitas semua SKPD terbaik dalam membangun desa, ” katanya.

Selanjutnya, pihaknya akan terus melakukan pembinaan desa agar semuanya bisa menjadi desa yang mandiri. Namun tentunya perlu proses secara perlahan.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bangun Gedung MPP dan Kantor Bappeda-Libang, Pemkab Tanbu Target Selesai Tahun Ini

25 Juni 2024 - 05:15 WIB

Komitmen Pemkab Tanah Bumbu Capai Target Turunkan Angka Stunting

20 Juni 2024 - 04:59 WIB

Usai Slat Ied, Lapas Batulicin Potong Tujuh Ekor Hewan Kurban dan Dagingnya Dibagikan ke Warga

17 Juni 2024 - 01:56 WIB

Zairullah Azhar Gelar Open House Setelah Shalat Idul Adha 1445 Hijriyah

17 Juni 2024 - 01:55 WIB

Kodim 1022/Tanbu Potong 8 Sapi Kurban Untuk di Bagikan ke Kaum Duafa dan Fakir Miskin

17 Juni 2024 - 01:54 WIB

PT. Air Minum Bersujud Sumbangkan Hewan Qurban untuk Masyarakat Sekitar

17 Juni 2024 - 01:53 WIB

Trending di Advetorial