Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 6 Jul 2022 11:16 WIB ·

Tim Gabungan Cek Kesehatan Sapi Qurban di Tanah Bumbu


 Tim Gabungan Cek Kesehatan Sapi Qurban di Tanah Bumbu Perbesar

BATULICIN,Newskalsel.com – Pastikan hewan kurban siap untuk disembelih di momen Hari Raya Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, bersama tim gabungan TNI Polri, turun lakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan dilakukan disejumlah titik, misalnya saja pedagang sapi yang ada di Jalan Raya Batulicin, Rabu (6/7/2022).

Hingga siang, sudah memeriksa 900 ekor sapi, semuanya dinyatakan bebas dari Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) serta penyakit lainnya, dan saat ini masih terus berpindah tempat untuk pemeriksaan.

Ini dipastikan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian yang dipimpin Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Berkat saat dikonfirmasi awak media dilokasi.

” Pemeriksana kesehatan sebenarnya sudah dilakukan sebelum berangkat dan kedatangan. Namun kami dari tim kembali pastikan hewan kurban yang diperdagangkan tidak ada gangguan kesehatan, ” kata Berkat.

Pihaknya akan terus melakukan monitoring di sejumlah tempat untuk memastikan hewan kurban ini benar-benar bebas dari PMK dan penyakit lainnya.

” Sejauh ini aman dan aman untuk dikonsumsi masyarakat, ” terang Berkat sembari menyebutkan sapi yang datang dari luar rata-rata jenis sapi Bali dan Madura hingga limusin.

Sementara itu, pedagang sapi dari Masalembu Jawa Timur, Hasan Basri yang berjualan dipinggir jalan, memastikan sapi yang didatangkan aman dari penyakit PMK.

Ia tiap tahun berdagang sapi saat menyambut lebaran Hari Raya Kurban. Tahun ini ada sebanyak 65 ekor yang didatangkan dan baru laku sekitar 25 ekor.

” Biasanya tiap tahun hampir habis, namun tahun ini menurun karena maraknya informasi penyakit hewan ternak yaitu Penyakit Mulut dan Kaki (PMK). Tapi disini kami memastikan hewan yang kami bawa ini aman karena sebelum berangkat, kesehatannya sudah diperiksa oleh tim ahli kesehatan hewan disana, ” katanya.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bangun Gedung MPP dan Kantor Bappeda-Libang, Pemkab Tanbu Target Selesai Tahun Ini

25 Juni 2024 - 05:15 WIB

Komitmen Pemkab Tanah Bumbu Capai Target Turunkan Angka Stunting

20 Juni 2024 - 04:59 WIB

Usai Slat Ied, Lapas Batulicin Potong Tujuh Ekor Hewan Kurban dan Dagingnya Dibagikan ke Warga

17 Juni 2024 - 01:56 WIB

Zairullah Azhar Gelar Open House Setelah Shalat Idul Adha 1445 Hijriyah

17 Juni 2024 - 01:55 WIB

Kodim 1022/Tanbu Potong 8 Sapi Kurban Untuk di Bagikan ke Kaum Duafa dan Fakir Miskin

17 Juni 2024 - 01:54 WIB

PT. Air Minum Bersujud Sumbangkan Hewan Qurban untuk Masyarakat Sekitar

17 Juni 2024 - 01:53 WIB

Trending di Advetorial