Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 5 Jul 2022 11:06 WIB ·

Komisi II DPRD Tanbu Bahas Masalah Hasil Panen Masyarakat Tanbu


 Komisi II DPRD Tanbu Bahas Masalah Hasil Panen Masyarakat Tanbu Perbesar

BATULICIN,Newskalsel.com – Seringnya menerima keluhan masyarakat petani padi ketika kegiatan reses, Komisi II DPRD Tanah Bumbu (Tanbu) gelar rapat bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tanah Bumbu.

Itu sebagai penjaringan aspirasi masyarakat yang mana keluhan tersebut disampaikan karena pada musim panen selalu sukses namun sangat sulit untuk pemasarannya.

Komisi II DPRD Tanah Bumbu duduk bersama bahas hasil panen masyarakat di kabupaten Tanah Bumbu dalam rapat kerja komisi, Senin (4/7/22).

Rapat yang digelar di ruang rapat kerja komisi II tersebut dipimpin langsung ketua komisi H Sayid Umar Al’idrus didampingi beberapa anggota komisi yaitu Harmanudin dan Abdul Rahim dan dihadiri Kepala Bidang Perkebunan yang diwakili Andrie J Tenggara beserta jajaran.

Melalui rapat kerja ini, Said Umar meminta bagaimana langkahnya untuk bisa memanfaatkan hasil panen masyarakat ditanah bumbu tersebut.

Dalam kesempatan ini, Kepala Bidang Perkebunan yang diwakili Andrie J Tenggara menjelaskan pada data statistik tercatat memiliki 10 komoditas perkebunan. Untuk komunitas unggulan, ada 3 yang tertiggi yaitu karet, kelapa Dalam dan Kelapa Biasa serta kelapa sawit.

Terkait materi rapat ini, membahas tentang bagaimana pola pembinaan kelompok tani untuk meningkatkan hasil produksi pertanian dan perkebunan.

Menurut Erwin dan beberapa keterangan dari yang membidangi dalam pembinaannya dibidang perkebunan kepada kelompok tani ataupun gabungan, sudah melakukan beberapa kali sosialisasi untuk APBD dua.

Adapun pembinaan dibidang penyuluhan ada beberapa bidang yang sudah dilaksanakan yaitu program sekolah lapang dan pembinaan regenerasi terhadap petani muda untuk peningkatan sdm serta sarana alat mesin pertanian – alsintan.

Dari paparan dinas di rapat ini, anggota komisi II Harmanudin menyampaikan apa yang diagendakan hari ini adalah untuk mendengarkan saran dari dinas dan dprd sebagai bahan jika diperlukan ketingkat provinsi hingga nasional.

Ketua Komisi II dalam tanggapannya, berharap kepada dinas ketahanan pangan dan pertanian kabupaten Tanah Bumbu bersama DPRD mendorong agar meningkatkan hasil produksi pertanian dan perkebunan dalam hal ini, DPRD memerlukan data lengkap terkait pertanian di tanah bumbu untuk semua komoditi dan sebagai bahan bagi dprd untuk memberikan dorongan dinas pertanian.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BPJS Kesehatan Cabang Tanah Bumbu Kotabaru Berikan Penghargaan Kepada Badan Usaha

28 Mei 2024 - 04:39 WIB

Raih 11 Kali Opini WTP Berturut Turut Bupati Zairullah Azhar Ajak 12 Kepala Daerah Baca Solawat Badar.

7 Mei 2024 - 00:53 WIB

Delegasi Kejari Tanbu, Juara Kategori 5K Internal Jaksa di Adhyaksa Internasional Run 2024

28 April 2024 - 06:31 WIB

BPBD Tanbu kerahkan 20 personil amankan puncak Mappanre Ri Tasi’e

28 April 2024 - 05:25 WIB

Meriahkan Mappanre Ri Tasie, Dinas Perikanan Tanbu Bersama HNSI dan Avian Bagikan Cat

27 April 2024 - 06:04 WIB

PT BIB Buka Seleksi Beasiswa 85 Anak Berprestasi, Kuliah di Institute Teknologi Sains Bandung (ITSB)

25 April 2024 - 06:29 WIB

Trending di Advetorial