Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 14 Jun 2022 15:54 WIB ·

Desa Maju Makmur Miliki Rumah Sehat Guna Atasi Stunting


 Desa Maju Makmur Miliki Rumah Sehat Guna Atasi Stunting Perbesar

BATULICIN,Newskalsel.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) meluncurkan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT), di Kampung KB Maju Makmur Batulicin, Selasa (14/06/2022).

DASHAT ini adalah program yang digulirkan oleh Pemerintah Pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan dilaksanakan di seluruh willayah Indonesia dengan menggandeng unit kerja terkait di daerah.

Bupati Tanah Bumbu Abah HM Zairullah Azhar dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Andi Aminuddin menyampaikan, atas nama Pemerintah Daerah, menyambut baik dan sangat mengapresiasi peluncuran DASHAT di desa itu.

Karena menurutnya, program DASHAT sangat strategis untuk mencegah dan mengatasi stunting melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat, dalam pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga beresiko stunting, yakni keluarga yang memiliki calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, baduta/balita stunting terutama dari keluarga kurang mampu.

Program DASHAT itu sendiri merupakan tindaklanjut dari arahan Bapak Presiden Jokowi, terkait dengan percepatan pengentasan stunting, dengan target harus berada di angka 14 persen pada tahun 2024.

“Waktu tinggal kurang lebih hanya 2 tahun lagi, sehingga kita harus bekerja keras dan cepat dalam rangka mencegah stunting pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan sampai anak berumur 2 tahun dengan memberikan asupan gizi yang seimbang,” sebutnya.

Sebab itu, pemerintah daerah berharap dengan adanya Program DASHAT ini, dapat terpenuhi kebutuhan gizi ibu hamil, ibu menyusui, bayi dan belita. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya kasus stunting di Kabupaten Tanah Bumbu,

“Tentunya kami juga berharap, Kampung KB Maju Makmur Batulicin bisa menjadi contoh bagi Desa/Kelurahan lainnya dalam menjalankan program DASHAT ini, sebagai upaya mengatasi dan mencegah stunting di Kabupaten Tanah Bumbu,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas P3AP2KB, Narni, Camat Batulicin, Suryadi beserta unsur Muspika, para kepala desa dan TP PKK desa se Kecamatan Batulicin, serta Narasumber kegiatan dari Kemendagri dan BRIN

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Raih 11 Kali Opini WTP Berturut Turut Bupati Zairullah Azhar Ajak 12 Kepala Daerah Baca Solawat Badar.

7 Mei 2024 - 00:53 WIB

Delegasi Kejari Tanbu, Juara Kategori 5K Internal Jaksa di Adhyaksa Internasional Run 2024

28 April 2024 - 06:31 WIB

BPBD Tanbu kerahkan 20 personil amankan puncak Mappanre Ri Tasi’e

28 April 2024 - 05:25 WIB

Meriahkan Mappanre Ri Tasie, Dinas Perikanan Tanbu Bersama HNSI dan Avian Bagikan Cat

27 April 2024 - 06:04 WIB

PT BIB Buka Seleksi Beasiswa 85 Anak Berprestasi, Kuliah di Institute Teknologi Sains Bandung (ITSB)

25 April 2024 - 06:29 WIB

ASDP Ferry Batulicin Mulai Uji Coba Penerapan Pembelian Tiket Berbasis Website

24 April 2024 - 06:09 WIB

Trending di Advetorial