Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 31 Mei 2022 20:22 WIB ·

Wabup Tanah Bumbu: Apkasi Wadah Perjuangkan Aspirasi Pemkab


 Wabup Tanah Bumbu: Apkasi Wadah Perjuangkan Aspirasi Pemkab Perbesar

Banjarmasin,Newskalsel.com – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Wilayah Kalimantan Selatan gelar rapat koordinasi di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Selasa (31/5/2022).

Rakor dipimpin koordinator wilayah, Bupati Tanah Laut H Sukamta. Turut hadir Wakil Bupati Tanah Bumbu, H Muhammad Rusli, SSos membaur dengan para kepala daerah lainnya.

Rapat koordinasi wilayah kali ini mengusung tema ‘Peningkatan Kerjasama dan Aspirasi Daerah Dalam Rangka Pertumbuhan Perekonomian Guna Mendukung Ibu Kota Negara Baru.’

Kegiatan dibuka Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor melalui zoom meeting. Menurut Muhammad Rusli, kehadiran kepala daerah dalam kegiatan ini sangat penting.

“Selain sebagai konsolidasi organisasi Korwil Apkasi Kalimantan Selatan sekaligus sebagai persiapan mengikuti kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-14 Apkasi yang rencananya akan digelar di Kabupaten Bogor pertengahan Juni 2022 mendatang,” ungkapnya.

Dikatakannya, yang lebih utama terkait isu lainnya yang strategis. Yakni ditetapkannya Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara (IKN) otomatis Kalsel akan menjadi daerah penyangga.

“Sehingga diharapkan pemerintah pusat layak memberikan perhatian khusus. Setidaknya dari sisi pembangunan infrastruktur,” imbuhnya.

Dijelaskannya, dalam rakor itu banyak juga isu lain mengemuka untuk dibahas. “Kehadiran Apkasi bisa menjadi wadah menyuarakan aspirasi dan harapan daerah,” tandasnya.

Keberadaan Apkasi ini, lanjutnya, harus bisa dimaksimalkan sebagai wadah buat memperjuangkan aspirasi terkait seluruh permasalah yang terjadi di daerah.

“Banyak permasalahan mengemuka dan saat ini kita inventarisir. Nanti setelahnya kita serahkan kepada pemangku kepentingan untuk bisa diselesaikan,” tukasnya.

Diakuinya, Kabupaten Tanah Bumbu memiliki peran strategis nantinya sebagai daerah penyangga IKN Baru. “Sumber daya alam yang dimiliki Tanbu sangat melimpah. Dari sektor pertanian, perikanan, perkebunan hingga pariwisata. Ini modal besar sebagai penyangga,” terangnya.

Sehingga, sambungnya, Bumi Bersujud yang sedang gencar menjalankan visi misi menuju Serambi Madinah akan berbenah dalam rangka mendukung IKN. “Kita berbenah agar siap menjadi salah satu wilayah penyangga di sejumlah sektor,” pungkasnya.

Apkasi sendiri merupakan wadah bagi pemerintah kabupaten, yang memiliki tugas-tugas penting untuk meningkatkan peran otonomi daerah.

Kemudian sebagai mitra strategis antar pemerintah pusat, kabupaten maupun lembaga lain dalam rangka memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah.

Artikel ini telah dibaca 88 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Galakkan Tradisi Anak Membasuh Kaki Orang Tua, Upaya Pemkab Tanbu Lahirkan Anak Bakti

21 Maret 2024 - 13:01 WIB

Galakkan Tradisi Anak Membasuh Kaki Orang Tua, Upaya Pemkab Tanbu Lahirkan Anak Bakti

21 Maret 2024 - 12:23 WIB

Renovasi Kubah Pagatan Akhirnya Telah Rampung, Usai Lebaran Bakal Diresmikan Bupati Tanbu

20 Maret 2024 - 12:28 WIB

Pemkab Tanah Bumbu Apresiasi Turnamen Mini Soccer, Ramadhan Cup Besutan JG-Andifa Group

20 Maret 2024 - 12:27 WIB

Dirjen Badilum Mahkamah Agung RI Resmikan Renovasi Musala Al Hakim Pengadilan Negeri Batulicin

20 Maret 2024 - 12:25 WIB

Sukses Amankan Jalannya Pemilu 2024, ini Profil AKBP Arief Prasetya sosok Kapolres Tanbu yang sederhana

20 Maret 2024 - 12:24 WIB

Trending di Advetorial