Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 13 Mei 2022 13:07 WIB ·

Yogi dan Ega Terpilih Sebagai Baco Becce Tanah Bumbu 2022


 Yogi dan Ega Terpilih Sebagai Baco Becce Tanah Bumbu 2022 Perbesar

BATULICIN,Newskalsel.com – Muhammad Yogi dan Ega Salsabila akhirnya terpilih sebagai Baco Becce 2022 Kabupaten Tanah Bumbu.

Predikat itu mereka sandang setelah dalam pemilihan ajang yang dihelat Lembaga Ade Ogie mereka meraih nilai tertinggi dari dewan juri di malam Grand Final di Panggung Utama Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Jumat (13/5/2022) malam.

Keduanya menyisihkan 17 pasang dalam rivalitas perebutan gelar Baco Becce selama sepekan terakhir dari masa karantina, penampilan hingga sesi tanya jawab.

“Penilaian para peserta dilalui beberapa tahap. Dari karantina, saat penampilan dan sesi tanya jawab. Semua kemampuan dan etika peserta menjadi pertimbangan penilaian,” kata perwakilan dewan juri, Samsir.

Dalam malam grand final tersebut, ribuan penonton menyaksikan pemilihan Baco Becce 2022. Mereka memberikan support dan semangat kepada seluruh peserta yang tampil.

Ajang ini sendiri terakhir kali diselenggarakan 2001 silam. Tapi tahun ini akhirnya kembali digelar Lembaga Adat Ade Ogie Kabupaten Tanah Bumbu.

Selain memeriahkan rangkaian Pesona Budaya Maritim Mappanreritasi E, juga sebagai upaya pelestarian tradisi nenek moyang yang pernah dilaksanakan secara turun temurun sejak dulu.

“Kegiatan pemilihan Baco Becce ini bagian upaya untuk pelestarian adat dan budaya,” Penasehat Lembaga Ade Ogie Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu, H Hamsyuri didampingi Ketua H Fawahisah Mahabatan dan Camat Kusan Hilir.

Mengingat kini kian tergerus modernisasi. Sehingga momentum Mappanreritasi E menjadi awal tonggaknya kembali bangkit.

“Selain itu rangkaian Pesona Budaya Maritim Mappanreritasi E ini juga kolaborasi Lembaga Adat dan pemerintah daerah memberikan hiburan kepada masyarakat Bumi Bersujud,” lanjutnya.

Kemudian yang terpenting, sambungnya, membangkitkan gairah perekonomian warga serta menggali sumber pendapatan daerah.

“Pemkab juga dapat pemasukan dari berbagai sektor, diantaranya melalui parkir. Kemudian semarak kuliner juga memberikan kontribusi,” tukasnya.

Ia berharap kegiatan budaya ini terus berkelanjutan, setelah sempat vakum 2 tahun karena terpaan badai pandemi. “Kedepan terus dikembangkan agar menjadi daya tarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung. Tentunya harus dikemas semaksimal mungkin,” pesannya.

Namun ia mengkritisi, akses jalan nasional yang kurang bagus sedikit menghambat keinginan masyarakat luar untuk datang ke Tanah Bumbu. “Harapannya agar akses jalan menuju Bumi Bersujud segera dibenahi untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan,” pungkasnya.

Selama rangkaian Mappanreritasi E, Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir selalu dipadati masyarakat untuk menikmati beragam kegiatan dan berbagai produk daerah. Sehingga geliat ekonomi tampak berjalan baik.

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Raih 11 Kali Opini WTP Berturut Turut Bupati Zairullah Azhar Ajak 12 Kepala Daerah Baca Solawat Badar.

7 Mei 2024 - 00:53 WIB

Delegasi Kejari Tanbu, Juara Kategori 5K Internal Jaksa di Adhyaksa Internasional Run 2024

28 April 2024 - 06:31 WIB

BPBD Tanbu kerahkan 20 personil amankan puncak Mappanre Ri Tasi’e

28 April 2024 - 05:25 WIB

Meriahkan Mappanre Ri Tasie, Dinas Perikanan Tanbu Bersama HNSI dan Avian Bagikan Cat

27 April 2024 - 06:04 WIB

PT BIB Buka Seleksi Beasiswa 85 Anak Berprestasi, Kuliah di Institute Teknologi Sains Bandung (ITSB)

25 April 2024 - 06:29 WIB

ASDP Ferry Batulicin Mulai Uji Coba Penerapan Pembelian Tiket Berbasis Website

24 April 2024 - 06:09 WIB

Trending di Advetorial