Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 18 Apr 2022 00:07 WIB ·

Mesjid Al Azhar Emil Baru Jadi Tempat Persinggahan Musafir Butuh Fasilitas


 Mesjid Al Azhar Emil Baru Jadi Tempat Persinggahan Musafir Butuh Fasilitas Perbesar

BATULICIN, Newskalsel.com – Mesjid Al-Azhar di perbatasan Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Banjar berdiri megah. Lokasinya tepat berada di Desa Emil Baru, Kecamatan Mantewe, Tanah Bumbu.

Keberadaan tempat ibadah ini sangat vital bagi masyarakat dan juga musafir. Sayangnya fasilitas dan sarananya butuh sentuhan yang lengkap agar memberikan kenyamanan.

Dibangun tahun lalu dengan fisik yang megah dan kokoh mendaulat Mesjid Al-Azhar Desa Emil Baru ini menjadi yang termegah di kawasan perbatasan.

“Selain sebagai wadah salat, belajar mengaji, pembinaan mualaf juga menjadi sarana persinggahan bagi musafir,” ucap warga setempat, Aji Purwono, belum lama tadi.

Mesjid ini kerap disinggahi warga yang melakukan perjalanan. Seperti rest area bagi pengendara dan pengemudi yang melintas.

“Nyaris setiap hari mesjid Al-Azhar ini disinggahi para musafir yang sedang melakukan perjalanan dari Batulicin menuju Kandangan atau banua enam maupun sebaliknya,” tambahnya.

Tak sekedar sebagai lokasi peristirahatan melepas penat, tapi juga yang lainnya. Termasuk buang air atau buang hajat.

“Tapi tempat ini belum lengkap fasilitas dan sarana prasarana. Toilet dan kamar mandi yang ada tidak refresentatif,” bebernya.

Pantauan dilokasi, halaman mesjid juga belum rapi dan bagus. Masyarakat setempat berharap kepada pemerintah daerah bisa memberikan bantuan agar bisa segera dibenahi.

Sementara Anggota DPRD Tanah Bumbu, H Hasanuddin yang kebetulan mampir bersama rombongan Bupati Zairullah Azhar, berjanji akan memperjuangkan keluhan dan usulan warga.

“Agar sarana dan prasarana yang kurang di mesjid itu bisa ditambah. Seperti WC, kamar mandi, halaman serta jika memungkinkan fasilitas bermain anak,” kata H Hasanuddin.

Menurutnya, tempat ini bisa menjadi rest area bagi masyarakat yang sedang dalam perjalanan.

Lokasi Mesjid Al-Azhar Desa Emil Baru Kecamatan Mantewe ini sangat strategis. Karena berada di ujung Kabupaten Tanah Bumbu dan diperbatasan dengan Kabupaten Banjar.

Bagi masyarakat yang sedang melaksanakan perjalanan, disarankan untuk mampir ditempat ini. “Bisa hanya sekedar melepas lelah, juga bisa untuk melaksanakan beragam kegiatan ibadah,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 87 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Raih 11 Kali Opini WTP Berturut Turut Bupati Zairullah Azhar Ajak 12 Kepala Daerah Baca Solawat Badar.

7 Mei 2024 - 00:53 WIB

Delegasi Kejari Tanbu, Juara Kategori 5K Internal Jaksa di Adhyaksa Internasional Run 2024

28 April 2024 - 06:31 WIB

BPBD Tanbu kerahkan 20 personil amankan puncak Mappanre Ri Tasi’e

28 April 2024 - 05:25 WIB

Meriahkan Mappanre Ri Tasie, Dinas Perikanan Tanbu Bersama HNSI dan Avian Bagikan Cat

27 April 2024 - 06:04 WIB

PT BIB Buka Seleksi Beasiswa 85 Anak Berprestasi, Kuliah di Institute Teknologi Sains Bandung (ITSB)

25 April 2024 - 06:29 WIB

ASDP Ferry Batulicin Mulai Uji Coba Penerapan Pembelian Tiket Berbasis Website

24 April 2024 - 06:09 WIB

Trending di Advetorial