Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 26 Mar 2022 16:41 WIB ·

Pelukis Asal Kabupaten Tapin Raih Juara I Lomba Mural.


 Pelukis Asal Kabupaten Tapin Raih Juara I Lomba Mural. Perbesar

BATULICIN,Newskalsel.com – Sutarji, pelukis asal Kabupaten Tapin meraih juara 1 di ajang Lomba Lukis Tembok atau Mural yang digelar Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Perkmukiman dan Pertanahan Kabupaten Tanah Bumbu.

Pelukis ini tidak pulang dengan tangan hampa usai menjadi juara dalam rangkaian memperingati Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu ke 19.

Ia pun bersyukur bersama rekannya yang datang jauh. Dia berterimakasih kepada panitia pelaksana dan Bupati Tanah Bumbu saat memberikan hadiah kepadanya di Pantai Pagatan, Sabtu (26/3/2022) sore.

Lukisannya unggul dengan nilai total sebanyak 455 yang diberikan 5 juri kepadanya.

Bupati Tanah Bumbu Abah dr HM Zairullah Azhar dalam sambutannya, Saya sangat mengapresiasi atas berjalannya lomba muralini, terlebih lagi ada banyak peserta dari luar daerah yang ikut dalam lomba melukis tembok.

” Ini sangat luar biasa, saya sangat mengapresiasi para peserta yang datang untuk meriahkan acara ini. Karena ternyata banyak peserta luar daerah, kalau tidak salah ada yang dari Mojokerto ya, luar biasa. Terimakasih atas partisipasinya, ” Kata Bupati Tanah Bumbu.

Lukisannya sangat indah dan ini menjadi keterampilan yang baik untuk menghiasi dinding agar tidak terlihat kumuh tetapi menjadi menarik untuk dilihat karena ada pesan didalamnya.

” Saya memberikan penghargaan setingi-tingginya kepada panitia Disperkimtan dan para peserta serta juri, ” katanya.

Sementara itu, Kadisperkimtan Tanbu, H Ansyari Firdaus, lomba menghias tembok ini diikuti sebanyak 23 pelukis. Sebagian besar dari luar daerah, baik kabupaten maupun provinsi.

“Selain mengikuti lomba para peserta juga dapat menikmati objek wisata yang ada di Bumi Bersujud ini,” imbuhnya.

Senada, Panitia Pelaksana Lomba Doni Falentino Akbar berharap event lomba lukis mural ini menambah keindahan Kota Pagatan. Membentuk karakter kita bersejarah itu dan mampu menjadi magnet menarik warga luar daerah untuk datang ke Tanah Bumbu.

“Oleh sebab itu, harus diabadikan dengan berbagai karya lukis sehingga memberikan arti yang positif dan relegius untuk menuju Serambi Madinah,” pungkasnya.

Dalam lomba mural ini sudah ditentukan aturan mainnya. Yakni kategori lomba gambar mural dwimatra (2 dimensi) dan Trimatra (3 dimensi).

“Peserta lomba individu per tim maksimal 3 orang. Waktu dibatasi 5 jam per mural,” lanjutnya.

Untuk tema yang diusung seribu cahaya dalam keberagaman, meliputi makna hubungan kasih sayang antar sesama manusia dan dengan alam. Baik hewan maupun tumbuhan.

“Paling penting mural wajib hasil original dan memiliki komponen objek gambar 80 persen dan tulisan imbauan 20 persen,” cetusnya.

Disamping itu mural tak boleh mengandung dan menyinggung SARA, isu, logo dan tokoh politik.

“Unsur penilaian maksimal originalitas 30 poin, kesesuaian tema 40 dan kedalaman ekspresi dalam penyampaian makna gambar 30 poin. Totalitas 100 poin,” pungkasnya.

Terdata, peserta yang hadir ada yang dari Surabaya Jatim 2 orang, Balikpapan, Kaltim 2 orang, Banjarbaru 4 orang, Martapura 4 orang, Kaltara 1 orang, Pelaihari 6 orang,Tanah Bumbu 4 orang, Tapin 1 orang dan Banjarmasin 3 pelukis.

” Kami bersyukur, kegiatan ini berjalan lancar dan menghasilkannjuara-juara uang hasilnya telah dinilai juri. Kedepan, kita akan adakan lomba ini lagi, ” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 61 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BPJS Kesehatan Cabang Tanah Bumbu Kotabaru Berikan Penghargaan Kepada Badan Usaha

28 Mei 2024 - 04:39 WIB

Raih 11 Kali Opini WTP Berturut Turut Bupati Zairullah Azhar Ajak 12 Kepala Daerah Baca Solawat Badar.

7 Mei 2024 - 00:53 WIB

Delegasi Kejari Tanbu, Juara Kategori 5K Internal Jaksa di Adhyaksa Internasional Run 2024

28 April 2024 - 06:31 WIB

BPBD Tanbu kerahkan 20 personil amankan puncak Mappanre Ri Tasi’e

28 April 2024 - 05:25 WIB

Meriahkan Mappanre Ri Tasie, Dinas Perikanan Tanbu Bersama HNSI dan Avian Bagikan Cat

27 April 2024 - 06:04 WIB

PT BIB Buka Seleksi Beasiswa 85 Anak Berprestasi, Kuliah di Institute Teknologi Sains Bandung (ITSB)

25 April 2024 - 06:29 WIB

Trending di Advetorial