Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 16 Mar 2022 17:56 WIB ·

DKUMP2 Tanah Bumbu Bakal Miliki Instalasi Tangki Ukur Mobil


 DKUMP2 Tanah Bumbu Bakal Miliki Instalasi Tangki Ukur Mobil Perbesar

BATULICIN,Newskalsel.com – Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu ( Tanbu), H Deny Hariyanto, sebut Kabupaten ini bakal miliki Instalasi Tangki Ukur Mobil (TUM).

Pernyataan itu dilontarkannya usai berkoordinasi dengan tingkat Pemerintah Pusat. Dia mengatakan instalasi Tangki Ukur Mobil (TUM) akan dibangun di Tanah Bumbu.

Pohaknya telah koordinasi ke Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetroligian (PPSDK) di Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat terkait peningkatan SDM petugas penera.

“Kita akan siapkan dulu SDMnya,” sebut H Deny, Rabu (9/3/2022).

Koordinasi ke PPSDK tersebut, sambung H Deny, untuk mendaftarkan petugas Dinas KUMP2 urusan Kemetrologian dalam beberapa pelatihan yang menunjang kinerja petugas dalam pelaksanaan tugas kemetrologian seperti pelatihan Petugas Penera TUM, Petugas Pengawas Tera TUM, Petugas Pengawas BDKT Frozen, dan Petugas Pengawas Mass LPG agar mendapatkan prioritas dalam penjaringan pelatihan oleh PPSDK.

Diharapkan, dengan adanya petugas yang sesuai sertifikasi keahlian tersebut, Dinas KUMP2 mendapat dana pembangunan Instalasi TUM dari APBD Perubahan tahun 2022, sehingga pelaksanaan Tera TUM sudah bisa dilaksanakan sendiri di tahun 2023.

Keberadaan Instalasi TUM tentunya akan berpengaruh terhadap peningkatan PAD yang signifikan dari sumber Kemetrologian.

“Dengan meningkatkan pelayanan pada para pengusaha pengguna UTTP maka PAD Kabupaten Tanah Bumbu melalui Retribusi Kemetroligian juga akan meningkat,” pungkasnya.

Selain kunjungan kerja ke PPSDK, sebut H. Deny, pihaknya juga melakukan kunjungan ke Direktorat Metrologi di Bandung, Jawa Barat, dalam rangka pengambilan alat pengujian standart yang telah di kalibrasi untuk digunakan oleh Petugas Penera, berhak dalam melakukan Peneraan pada Alat UTTP yang digunakan oleh para pengusaha perdagangan di Tanah Bumbu.

Itu dalam hal bertransaksi dan juga menindaklanjuti peraturan pemerintah dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 08 tahun 1999, serta untuk melakukan Peneraan pada Peralatan Penguji UTTP yang ada di Laboratorium Kemetrologian pada UML Dinas KUMP2 sendiri.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Raih 11 Kali Opini WTP Berturut Turut Bupati Zairullah Azhar Ajak 12 Kepala Daerah Baca Solawat Badar.

7 Mei 2024 - 00:53 WIB

Delegasi Kejari Tanbu, Juara Kategori 5K Internal Jaksa di Adhyaksa Internasional Run 2024

28 April 2024 - 06:31 WIB

BPBD Tanbu kerahkan 20 personil amankan puncak Mappanre Ri Tasi’e

28 April 2024 - 05:25 WIB

Meriahkan Mappanre Ri Tasie, Dinas Perikanan Tanbu Bersama HNSI dan Avian Bagikan Cat

27 April 2024 - 06:04 WIB

PT BIB Buka Seleksi Beasiswa 85 Anak Berprestasi, Kuliah di Institute Teknologi Sains Bandung (ITSB)

25 April 2024 - 06:29 WIB

ASDP Ferry Batulicin Mulai Uji Coba Penerapan Pembelian Tiket Berbasis Website

24 April 2024 - 06:09 WIB

Trending di Advetorial