Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 28 Feb 2022 22:22 WIB ·

Kaur Desa se-Tanah Bumbu Ikuti Bimtek Penyusunan Laporan APBDes


 Kaur Desa se-Tanah Bumbu Ikuti Bimtek Penyusunan Laporan APBDes Perbesar

BATULICIN,Newskalsel.com – Kaur Keuangan tingkat Desa se Kabupaten Tanah Bumbu, ikuti Bimbingan teknis tata cara penyusunan laporan konsolidasi APBDesa bagi Kaur Keungan.

Kegiatan bimbingan teknis itu dilaksanakan pada 25 sampai dengan 27 Februari 2022 di Hotel Aria Barito Banjarmasin.

Bimtek tersebut, menghadirkan beberapa Narasumber, di antaranya Kanit Tipikor Satreskrim Polres Tanah Bumbu, Ipda Anzhari Mattenete, S.Tr.K, dengan materi Tindak pidana korupsi pada pengeloaan keuangan desa.

Selain itu, ada Hatma Aditya Jananaruraga, S.H., M.H selaku kasi Datun Kejaksaan Negeri Tanahbumbu, dengan materi penyampaian, penyalahgunaan keuangan desa. Budimansyah, auditor madya inspektorat daerah kabupaten Tanahbumbu, materi Tata cara pertanggungjawaban keuangan desa yang akuntabel.

Ada juga Sahrulyadi, S.STP., M.AP Perencana muda Ditjen Bina Pemdesa, dengan penyampaian materi tata cara penyusunan laporan konsolidasi APBDesa.

Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar sekaligus membuka acara Bimtek tata cara penyusunan laporan Pengelolaan Konsolidasi APDesa melalui Kepala Dinas PMD Kabupaten Tanah Bumbu, Samsir menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meminimalisir permasalahan penggunaan Dana Desa.

” Jadi ini upaya meminimalisir permasalahan laporan Keuangan, dan ini penting untuk dilaksanakan dan dipahami oleh semua Kaur Keuangan yang ada di desa,” kata Samsir.

Penggunaan Keuangan desa, lanjutnya harus sesuai aturan yang berlaku, dan pihaknya ingin tatakelola penyusunan keuangan desa dapat dilaksanakan secara Akuntable dan Transpransi.

” Jangan sampai salah, makanya penting adanya pelatihan ini, ” katanya.

Sekadar diketahui, kegiatan ini digelar Lembaga Pusat Kajian Otonomi Daerah Jakarta nekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanah Bumbu. Peserta diikuti kaur keuangan sebanyak 133 orang dan 12 pendampaing kecamatan serta 6 pendamping kabupaten.

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bangun Gedung MPP dan Kantor Bappeda-Libang, Pemkab Tanbu Target Selesai Tahun Ini

25 Juni 2024 - 05:15 WIB

Komitmen Pemkab Tanah Bumbu Capai Target Turunkan Angka Stunting

20 Juni 2024 - 04:59 WIB

Usai Slat Ied, Lapas Batulicin Potong Tujuh Ekor Hewan Kurban dan Dagingnya Dibagikan ke Warga

17 Juni 2024 - 01:56 WIB

Zairullah Azhar Gelar Open House Setelah Shalat Idul Adha 1445 Hijriyah

17 Juni 2024 - 01:55 WIB

Kodim 1022/Tanbu Potong 8 Sapi Kurban Untuk di Bagikan ke Kaum Duafa dan Fakir Miskin

17 Juni 2024 - 01:54 WIB

PT. Air Minum Bersujud Sumbangkan Hewan Qurban untuk Masyarakat Sekitar

17 Juni 2024 - 01:53 WIB

Trending di Advetorial