Menu

Mode Gelap
Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga Pasar Murah dan Wadai Ramadhan Desa Karang Bintang Langsung Diserbu Warga Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan Wabup Muh Rusli Resmikan Mushola Baitul Atiq di Kelurahan Kampung Baru Kunjungi DPR RI Pemkab Tanbu Lakukan Audensi Dengan Fraksi PKB

Advetorial · 22 Feb 2022 01:10 WIB ·

DPMD Tanbu Usulkan Delapan Desa Depenitif


 DPMD Tanbu Usulkan Delapan Desa Depenitif Perbesar

BATULICIN,Newskalsel.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Tanah Bumbu kembali mengusulkan desa definitif sebanyak 8 desa dari 21 desa pemekaran yang telah ada, Senin (21/2/22).

Disampaikan oleh Kepala DPMD Tanbu, Samsir bahwa 8 desa yang diusulkan menjadi desa definitif tersebut masih dalam proses pengusulan. Sementara untuk 13 desa lainnya, masih menunggu usia desa pemekarannya.

“Untuk 13 desa lagi masih menunggu usia desa pemekarannya, minimal 1 atau 3 tahun untuk menuju desa definitif,” jelasnya.

Kecuali, lanjut Samsir, desa berstatus pemekaran itu mampu memenuhi persyaratan.

“Katakanlah desa itu mendapatkan skor 90 persen dan persyaratan lain juga dipenuhi oleh desa pemekaran itu. Minimal ada beberapa item yang harus diisi oleh desa induknya dan desa persiapannya tersebut dalam menuju desa definitif,” paparnya.

Samsir menjelaskan, delapan desa yang masih dalam proses usulan definitif itu juga harus mendapatkan peraturan daerah. Apabila belum bisa dengan peraturan daerah, minimal ada kesepakatan eksekutif dengan legislatif.

Sedangkan untuk memenuhi persyaratan menuju desa definitif yaitu minimal ada 61 item yang diisi persyaratannya oleh desa induk. Kedua, desa pemekaran minimal enam item yang diisi, dan Ketiga adanya peraturan daerah.

“Atau bila belum sempat membuat peraturan daerah, minimal adanya kesepakatan eksekutif dengan legislatif. Artinya tiga inilah yang penting dalam menuju definitif desa pemekaran tersebut,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bangun Gedung MPP dan Kantor Bappeda-Libang, Pemkab Tanbu Target Selesai Tahun Ini

25 Juni 2024 - 05:15 WIB

Komitmen Pemkab Tanah Bumbu Capai Target Turunkan Angka Stunting

20 Juni 2024 - 04:59 WIB

Usai Slat Ied, Lapas Batulicin Potong Tujuh Ekor Hewan Kurban dan Dagingnya Dibagikan ke Warga

17 Juni 2024 - 01:56 WIB

Zairullah Azhar Gelar Open House Setelah Shalat Idul Adha 1445 Hijriyah

17 Juni 2024 - 01:55 WIB

Kodim 1022/Tanbu Potong 8 Sapi Kurban Untuk di Bagikan ke Kaum Duafa dan Fakir Miskin

17 Juni 2024 - 01:54 WIB

PT. Air Minum Bersujud Sumbangkan Hewan Qurban untuk Masyarakat Sekitar

17 Juni 2024 - 01:53 WIB

Trending di Advetorial